Legrand Indonesia Kumpulkan Para Ahli Bahas Data Center Berkelanjutan

Data Center Summit 2023 secara khusus juga menekankan pentingnya keberadaan data center yang berkelanjutan di Indonesia.

Iwan SupriyatnaAchmad Fauzi
Jum'at, 09 Juni 2023 | 11:28 WIB
Legrand Indonesia Kumpulkan Para Ahli Bahas Data Center Berkelanjutan
Legrand Day 2023/ist

Suara.com - Legrand Indonesia, perusahaan di bidang kelistrikan dan infrastruktur gedung digital, menyelenggarakan Legrand Day 2023, yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 7 dan 8 Juni 2023. Rangkaian acara tersebut terdiri dari beberapa kegiatan yaitu acara Data Center Summit 2023, acara malam apresiasi, serta peluncuran Legrand XL3DO Electrical Switchboard.

Acara tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari 650 peserta dari berbagai industri seperti infrastruktur digital, sektor ritel, dan konstruksi.

"Kami menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta, rekanan, dan partisipan yang hadir, yang telah mensukseskan Legrand Day 2023. Kami sangat senang dapat menyelenggarakan acara ini dan menyatukan para pemimpin industri, rekan-rekan, dan pemangku kepentingan dalam bidang infrastruktur digital," ujar Country Manager Legrand Indonesia, Achraf Hegazy yang dikutip, Jumat (9/6/2023).

Acara tersebut dibuka dengan kata sambutan oleh Achraf Hegazy sebagai Country Manager Legrand Indonesia, Karine Alquier-Caro sebagai Legrand Group Vice President for South-East Asia, dan Bizardy Ilham sebagai Legrand Data Centre Solution Manager Indonesia. Juga hadir dalam acara tersebut Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Fabien Penone.

Data Center Summit 2023 membahas beberapa isu-isu yang sangat menarik seperti tren pasar dan peluang-peluang dalam bidang usaha data center serta proyeksi pertumbuhan industri data center.

Baca Juga:Hingga Mei 2023, Pemerintah Kantongi Rp12,57 Triliun Pajak Digital

Panelis-panelis yang berpartisipasi dalam acara ini juga terdiri dari para pemimpin dan pelaku industri data center, seperti Legrand Indonesia, Uptime Institute, BDx Indonesia, Asosiasi Data Center Indonesia (IDPRO), ST Telemedia Global Data Centers, Neutra DC, Megaroyal IT Comindo, dan Frost & Sullivan.

Tim Data Center BCA dan BRI juga turut berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait pengembangan data center sesuai dengan kebutuhan pelaku bisnis saat ini.

Data Center Summit 2023 secara khusus juga menekankan pentingnya keberadaan data center yang berkelanjutan di Indonesia.

"Semakin bergesernya cara hidup, bermain, dan bekerja kita kearah digital, semakin banyak konsumen dan pengusaha yang menganut dan beradaptasi dengan teknologi digital yang baru. Hal ini mendorong peningkatan dalam kebutuhan infrastruktur digital, sehingga mendorong juga pembuatan data global yang juga tumbuh secara eksponen. Maka dari itu, data center yang dapat diandalkan, efisien, dan berkelanjutan menjadi komponen penting dalam ekonomi digital kita," kata Pieter Loesi dari ST Telemedia Global Data Centers.

Tidak hanya membahas mengenai pentingnya peran data center, acara tersebut juga bertujuan untuk mempersatukan dan mendorong terjadinya kolaborasi antara para pemimpin industri, rekanan, dan pelaku usaha lainnya.

"Saya harap acara ini dapat menjadi platform bagi kita untuk berkontribusi kepada pertumbuhan berkelanjutan data center di Indonesia. Bersama-sama, kita siap untuk membentuk industri ini," kata Achraf Hegazy.

Ketua Asosiasi Data Center Indonesia (IDPRO), Hendra Suryakusuma melihat banyak potensi yang dapat didiskusikan setelah acara ini.

"Kami berharap Legrand Indonesia dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi untuk industri data center di Indonesia dalam hal keberlanjutan dan peningkatan efisiensi energi," imbuh dia.

Dalam acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, Legrand juga mengadakan acara malam apresiasi bersama distributor dan pengusaha ritel sebagai bentuk penghargaan Legrand terhadap kontribusi mereka.

Rangkaian acara tersebut diakhiri dengan peluncuran Legrand XL3DO Electrical Switchboard. Produk tersebut mewakili pencapaian terbaru dalam teknologi electrical switchboard di Indonesia.

Baca Juga:Gandeng Google Cloud, Aku Mitra Digital Dukung Transformasi Digital di Indonesia

Fungsionalitas, skalabilitas, dan kemampuan penyesuaian yang canggih dari produk ini dapat memenuhi kebutuhan di sektor perumahan, komersil, dan industri, termasuk sektor data center.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

BISNIS

TERKINI