facebook

Fans Lambaikan Pisang, Klub Jepang Ini Kena Denda

Ruben Setiawan
Fans Lambaikan Pisang, Klub Jepang Ini Kena Denda
Logo Yokohama Marinos.

Lagi-lagi, pemain Brasil yang jadi korban.

Suara.com - Klub asal Jepang Yokohama Marinos dikenai denda sebesar 5 juta Yen atau sekitar Rp561 juta akibat ulah rasis seorang penggemarnya. Perbuatan rasis itu dilakukan si penggemar dalam laga Marinos kontra Kawasaki Frontale di Stadion Misuzawa, Sabtu pekan lalu.

Si penggemar Marinos terlihat di televisi sedang melambaikan pisang kepada Renato, striker Kawasaki asal Brazil. Identitas remaja itu pun langsung dikenali dan dia diskors oleh pihak klub Yokohama Marinos.

Aksi rasisme di dunia sepak bola Jepang ini bukan yang pertama kali. Pada bulan Maret, Liga Jepang memerintahkan Urawa Red Diamonds untuk memainkan pertandingan kandang tanpa kehadiran penonton setelah muncul spanduk yang berbunyi "Hanya untuk warga Jepang," dibentangkan oleh salah seorang penggemar pada pertandingan melawan Sagan Tosu.

Melambaikan pisang atau melemparkan pisang ke arah pemain Brasil dinilai sebagai aksi rasis. Renato bukan satu-satunya yang jadi korban. Sebelumnya, pemain Brasil lainnya, Neymar dan Dani Alves yang merumput bersama tim La Liga Spanyol juga jadi korban rasisme. Mereka dilempari pisang kala timnya berlaga melawan Espanyol. (Reuters)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS