Piala Dunia 2018: Skuat Terburuk Rusia Sepanjang Sejarah

Rully Fauzi
Piala Dunia 2018: Skuat Terburuk Rusia Sepanjang Sejarah
Starting eleven Timnas Rusia di laga uji coba kontra Turki belum lama ini (Alexander NEMENOV / AFP)

Legenda Timnas Rusia menilai tim saat ini amat buruk.

Suara.com - Mantan winger andalan Timnas Rusia yang juga eks pemain Manchester United, Andrei Kanchelskis, skeptis dengan peluang negaranya di Piala Dunia 2018. Padahal, Rusia bakal jadi tuan rumah.

Menurut Kanchelskis, skuat Rusia sangat lemah dan tak kompetitif. Pemain yang dulunya berposisi sebagai winger itu pun khawatir Rusia justru bakal jadi bulan-bulanan di turnamen nanti. Rusia asuhan pelatih Stanislav Cherchesov akan menjalani laga pembuka turnamen pada Kamis (14/6/2018) besok malam WIB melawan Arab Saudi.

Sementara dua tim lainnya di Grup A adalah Mesir yang bakal diperkuat bintang Liverpool Mohamed Salah, serta Uruguay yang mengandalkan duet maut Luis Suarez dan Edinson Cavani.

Rusia sendiri akan tampil di Piala Dunia 2018 dengan tren buruk. Tim Beruang Merah -julukan Timnas Rusia- tak pernah menang dari tujuh laga uji coba pamungkas mereka.

Skuat Rusia untuk Piala Dunia 2018 pun masih banyak dihuni pemain-pemain veteran. Tak cukup sampai di situ, Kanchelskis percaya pelatih Cherchesov juga telah menciptakan masalah dalam tubuh skuat asuhannya.

Selain itu, Kanchelskis juga membandingkan dengan era terdahulu, saat Uni Soviet belum pecah. Ya, saat tim masih begitu superior di level Eropa dan dunia, alias belum terpecah-pecah menjadi Rusia, Ukraina, dan banyak negara lainnya.

Uni Soviet adalah juara Piala Eropa pada 1960, serta jadi finalis pada edisi 1988 and semifinalis pada Piala Dunia 1966. Namun, Rusia sebagai negara independen tampil buruk saat lolos ke Piala Dunia 1994, 2002 dan 2014, di mana Tim Beruang Merah hanya mampu meraih dua kemenangan dari sembilan laga di pesta sepakbola terakbar sejagat itu..

"Sepakbola kami jelas lebih terorganisir di masa lalu. Kami memiliki sistem tradisional. Ketika Uni Soviet pecah, sepakbola kami otomatis turun drastis. Kini level sepakbola Rusia tidak bagus. Sekarang kami memiliki masalah," tutur Kanchelskis seperti dilansir Daily Mail.

"Kami jelas khawatir. Jujur saja, tim untuk Piala Dunia 2018 ini adalah tim terburuk Rusia yang pernah saya lihat dalam hidup saya. Semua orang juga berpikir demikian. Ada yang bilang juga kalau ini adalah skuat terburuk Rusia sepanjang sejarah," celoteh pria 49 tahun pemilik 17 caps bersama Uni Soviet dan 36 caps bersama Rusia itu.

"Pelatih mereka saat ini (Cherchesov) juga menghadirkan masalah tersendiri dalam tim. Ada beberapa masalah dalam tim Rusia saat ini. Ada beberapa pemain bagus dalam skuat, namun mereka tidak terlihat seperti bermain untuk tim nasional karena berbagai permasalahan dalam diri sang pelatih. Ia seperti diktator," ketus Kanchelskis.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS