Piala Dunia 2026 Bakal Digelar di Tiga Negara

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Piala Dunia 2026 Bakal Digelar di Tiga Negara
Kogres FIFA berlangsung di Moskow, Rusia, Rabu (13/6/2018) [AFP]

Indonesia ikut nyoblos ketika Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada terpilih.

Suara.com - Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 setelah mengalahkan Maroko lewat voting pada Kongres FIFA yang berlangsung di Moskow, Rusia, Rabu (13/5/2018). PSSI juga turut hadir dalam agenda pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2026 tersebut.

Gabungan tiga negara Amerika Utara itu sukses terpilih setelah mendapatkan 134 suara dari 203 pemilih, mengalahkan kandidat tuan rumah lainnya, Maroko yang hanya mengumpulkan 65 suara.

"Terimakasih atas hak istimewa yang luar biasa ini. Hari ini sepakbola lah yang menjadi satu-satunya pemenang," kata Presiden Sepakbola Amerika Serikat (USSF), Carlos Codeiro seperti dilansir dari The Guardian, Kamis (14/6/2018).

Terpilihnya AS, Meksiko dan Kanada juga menjadi Piala Dunia pertama yang digelar di tiga negara berbeda. Selain itu, Piala Dunia 2026 juga akan menjadi Piala Dunia pertama di mana FIFA menggunakan format 64 tim dalam gelaran akbar tersebut.

Sebelumnya, Amerika Serikat pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia di tahun 1994 silam. Sedangkan Meksiko pernah mencicipinya di tahun 1970 dan 1986. Sementara Kanada pernah menggelar Piala Dunia Putri pada 2015.

Kogres FIFA berlangsung di Moskow, Rusia, Rabu (13/6/2018) [AFP]
Kogres FIFA berlangsung di Moskow, Rusia, Rabu (13/6/2018) [AFP]

Keberhasilan itu benar-benar disyukuri oleh Cordeiro, selaku satu dari tiga perwakilan Amerika Utara. Menurutnya, penantian panjang yang dirindukan banyak orang kini terbayar.

"Kemenangan ini sangat emosional bagi semua orang. Dari beberapa hari yang lalu, kami sudah yakin bisa meraih kemenangan ini," jelas Cordeiro.

Uniknya, satu dari 134 suara yang memenangkan AS-Meksiko-Kanada diberikan oleh Rusia, rival Amerika Serikat. Indonesia yang turut hadir juga memilih Amerika Utara sebagai pemenang, melalui (plt) Ketua Umum PSSI Joko Driyono dan Sekjen PSSI Ratu Tisha.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS