Dramatis, Gol Telat Shaqiri Bawa Swiss Tumbangkan Serbia

Rully Fauzi
Dramatis, Gol Telat Shaqiri Bawa Swiss Tumbangkan Serbia
Winger Timnas Swiss, Xherdan Shaqiri melakukan selebrasi dengan melepas kostumnya usai mencetak gol kemenangan atas Serbia (Attila KISBENEDEK / AFP)

Gol Xherdan Shaqiri pada penghujung laga di Kaliningrad Stadium memenangkan Swiss.

Suara.com - Timnas Swiss melakoni comeback dramatis untuk meraih kemenangan krusial atas Timnas Serbia pada matchday 2 Grup E Piala Dunia 2018. Bermain di Kaliningrad Stadium, Sabtu (23/6/2018) dini hari WIB, Swiss yang sempat tertinggal 0-1 akhirnya menang 2-1 usai mencetak gol kemenangan di penghujung laga.

Babak pertama menjadi milik Serbia, mereka unggul 1-0 saat half-time usai Aleksandar Mitrovic mencetak gol cepat di menit kelima.

Namun, Swiss bangkit dan bermain gemilang di sepanjang babak kedua. Granit Xhaka menyamakan skor di menit 52, sebelum Xherdan Shaqiri mencetak gol di menit pamungkas waktu normal untuk mengamankan kemenangan 2-1 untuk Swiss.

Sebagai informasi, Swiss menjadi tim pertama sejauh ini di Piala Dunia 2018 yang mampu melakoni comeback untuk memenangkan pertandingan di fase grup.

Hasil ini sendiri membuat buyar asa Serbia untuk lolos ke babak 16 besar, setidaknya untuk sementara. Kemenangan atas Swiss memang sejatinya akan membawa Nemanja Matic dan kawan-kawan langsung melenggang ke fase gugur, namun justru kekalahan yang didapat. Serbia kini turun ke peringkat ketiga klasemen Grup E dengan poin tiga dari dua laga yang telah dilalui.

Sementara Swiss membuka lebar kans mereka lolos ke perdelapanfinal dengan kemenangan atas Serbia ini. Valon Behrami dan kolega naik ke peringkat kedua dengan poin empat, hanya kalah selisih gol dari Brasil yang bercokol di puncak, usai mengalahkan Kosta Rika 2-0 pada Jumat (22/6/2018) malam WIB.

Jalannya Pertandingan

Mitrovic yang membuang banyak peluang saat Serbia menang 1-0 melawan Kosta Rika di matchday 1 Grup E, menciptakan kesempatan pertama untuk membawa timnya unggul. Hanya saja, sundulan sang striker pada menit kelima masih bisa diblok kiper Swiss Yann Sommer.

Namun, permainan belum berhenti. Bola masih dikuasai Serbia yang berada di daerah pertahanan Swiss setelah Steven Zuber melakukan blunder. Memanfaatkan kesalahan Zuber, gelandang serang Serbia Dusan Tadic pun melepaskan umpan crossing ke jantung pertahanan  Swiss dari sisi kanan.

Mitrovic yang berada di depan gawang Swiss lantas langsung menyundul bola  ke sisi kanan gawang dan tidak bisa dijangkau oleh Sommer. Serbia unggul 1-0!

Serbia kemudian memiliki peluang untuk menggandakan skor pada menit 14. Namun, sundulan bintang muda Sergej MilInkovic-Savic masih melebar.

Swiss sendiri sebenarnya lebih menguasai jalannya pertandingan. Namun tidak banyak peluang gol atau tembakan tepat sasaran yang dilepaskan anak asuhan Vladimir Petkovic itu. Beberapa upaya dari Xherdan Shaqiri dan Fabian Schar juga tidak terlalu mengancam gawang Serbia.

Skor 1-0 untuk keunggulan Serbia sendiri bertahan hingga babak pertama rampung.

Di awal babak kedua, Swiss langsung tancap gas. Permainan mereka pun kian spartan dan lebih terarah ketimbang babak pertama. 

Pada menit 52, Swiss akhirnya bisa menyamakan kedudukan melalui gol spaktakuler Xhaka. Gelandang sentral Arsenal itu mencetak gol lewat sepakan keras nan terarah kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola sepakan Xhaka yang sampai berputar sembari meluncur deras itu praktis membuat kiper Serbia Vladimir Stojkovic hanya bisa terpana.

Pada menit 58, Swiss kembali nyaris mencetak gol. Sayangnya tendangan Shaqiri di dalam kotak penalti hanya membentur mistar gawang Serbia.

Swiss praktis menguasai laga di sepanjang babak kedua. Mereka juga lebih aktif dalam melakukan serangan-serangan. Sementara Serbia yang terlihat lebih mendominasi di babak pertama, dibuat kerepotan dan sesekali hanya mengandalkan counter-attack untuk mengancam gawang Swiss.

Well, gol kemenangan Swiss akhrinya tercipta pada menit-menit akhir. Lewat sebuah serangan balik, Shaqiri menggiring bola dari hampir tengah lapangan menuju kotak penalti Serbia. Ia pun dengan tenang menaklukkan Stojkovic dengan sepakan kaki kirinya yang penuh presisi. 2-1 Swiss unggul!

Skor 2-1 untuk keunggulan Swiss pun bertahan hingga laga usai. Comeback yang gemilang dari anak-anak Die Nati -julukan Timnas Swiss!

Susunan Pemain

Serbia XI (4-2-3-1): Stojkovic; Ivanovic, Milenkovic, Tosic, Kolarov; Matic, Milivojevic/Radonjic; Tadic, Milinkovic-Savic, Kostic/Ljajic; Mitrovic.

Pelatih: Mladen Krstajic (Serbia)

Swiss XI (4-2-3-1): Sommer; Lichtsteiner, Schar, Akanji, Rodriguez; Xhaka, Behrami; Shaqiri, Dzemaili/Embolo, Zuber; Seferovic/Gavranovic.

Pelatih: Vladimir Petkovic (Bosnia)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS