Ditinggal Pemain Bintang Monaco Terpuruk, Jardim Dipecat

Syaiful Rachman
Ditinggal Pemain Bintang Monaco Terpuruk, Jardim Dipecat
Pelatih AS Monaco Leonardo Jardim [AFP]

Di bawah asuhan Jardim, Monaco pernah mengakhiri dominasi PSG di Liga Prancis.

Suara.com - AS Monaco akhirnya memutuskan untuk mendepak Leonardo Jardim dari kursi pelatih. Jardim didepak menyusul performa buruk Monaco musim ini.

Seperti diketahui, musim ini Monaco tampil buruk. Setelah menutup musim lalu di posisi runner up, musim ini Monaco tak mampu keluar dari jeratan zona merah.

Melakoni sembilan pertandingan, Monaco saat ini baru memetik satu kemenangan dan tiga hasil imbang. Sedangkan lima lainnya berakhir dengan kekalahan.

Mengantongi enam poin, Monaco pun saat ini tertahan di urutan 18 atau posisi teratas di zona merah.

"Saya bersyukur dan bangga pernah melatih AS Monaco lebih dari empat tahun," ujar Jardim seperti dikutip Scoresway.

"Saya selalu memberikan yang terbaik dan bekerja penuh gairah. Bersama, kami menorehkan prestasi dan kenangan itu akan terus bersama saya."

AS Monaco menjuarai Liga Prancis 2016/17 usai mengalahkan St Etienne di Stade Louis II, Rabu (17/5/2017). [AFP/Boris Horvat]
AS Monaco menjuarai Liga Prancis 2016/17 usai mengalahkan St Etienne di Stade Louis II, Rabu (17/5/2017). [AFP/Boris Horvat]

Jardim ditunjuk melatih AS Monaco pada Juni 2014 dengan durasi kontrak dua tahun. Di dua musim tersebut, Jardim berhasil mengantar Monaco masuk tiga besar sehingga dirinya diganjar perpanjangan kontrak tiga tahun atau hingga pertengahan tahun 2019.

Keputusan manajemen klub memperpanjang kontrak Jardim terbukti tepat. Karena di akhir musim 2016/17, Monaco besutan Jardim mematahkan dominasi Paris Saint-Germain dengan menjuarai Ligue 1. Di musim yang sama, Monaco juga berhasil menembus semifinal Liga Champions.

Keberhasilan Monaco saat itu tidak lepas dari skuat campuran pemain pengalaman dan pemain muda berbakat bentukan Jardim. Saat itu nama-nama seperti Kylian Mbappe, Bernardo Silva, Thomas Lemar, Fabinho dan Benjamin Mendy pun menjelma menjadi bintang.

Kepergian para pemain bintangnya dalam tiga bursa transfer terakhir seakan membuat Jardim tak berdaya. Monaco kini terpuruk, kenyataan yang membuat Jardim kehilangan posisinya sebagai juru taktik Les Rouges et Blancs-- julukan Monaco.

"Saya ingin berterima kasih kepada Leonardo atas apa yang dilakukannya selama ini," kata wakil presiden klub Vadim Vasilyev.

"Leonardo berhasil menjadikan AS Monaco sebagai salah satu klub tangguh di Eropa. Prestasi yang ditorehkannya adalah sejarah dan kenangan indah yang akan selalu dikenang. Jardim akan tetap menjadi keluarga besar AS Monaco."

Saat ini belum ada pengumuman dari AS Monaco soal pengganti Jardim. Akan tetapi terdengar kabar jika manajemen klub melirik pemain legendaris Arsenal dan juga mantan pemain Barcelona, Thierry Henry.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS