Depak Javier Calleja, Villarreal Tunjuk Luis Garcia sebagai Pelatih Anyar

Rully Fauzi
Depak Javier Calleja, Villarreal Tunjuk Luis Garcia sebagai Pelatih Anyar
Pelatih baru Villarreal, Luis Garcia Plaza. [laman resmi Villarreal]

The Yellow Submarine memang terseok-seok di La Liga musim ini.

Suara.com - Villarreal resmi mendepak Javier Calleja dari posisinya sebagai pelatih kepala klub pada Senin (10/12/2018). Klub berjuluk The Yellow Submarine itu memang terseok-seok di Liga Spanyol musim ini.

Bagaimana tidak, sampai jornada 15, Villarreal terpuruk di posisi 17 papan klasemen, hanya satu strip di atas zona merah.

Calleja, yang merupakan mantan gelandang Villarreal, mengambil alih posisi sebagai pelatih kepala klub pada September 2017. Ia pun membawa The Yellow Submarine finis di posisi kelima Liga Spanyol musim lalu dan lolos ke Liga Europa musim ini.

Mantan pelatih Villarreal, Javier Calleja. [ANDY BUCHANAN / AFP]
Mantan pelatih Villarreal, Javier Calleja. [ANDY BUCHANAN / AFP]

Namun memasuki musim 2018/2019, prestasi Villarreal menukik tajam. Tim yang akrab dengan warna kuning ini hanya sekali meraih kemenangan di pentas Liga Spanyol sejak September lalu.

Well, tak perlu makan waktu lama, manajemen Villarreal pun telah menunjuk sosok pelatih anyar klub untuk menggantikan Calleja. Adalah sosok Luis Garcia Plaza yang dipilih sebagai juru taktik baru Villarreal.

Seperti dilansir laman resmi klub, Luis Garcia akan membesut Santi Cazorla dan kawan-kawan hingga akhir musim ini. Juru taktik berusia 46 tahun itu kembali ke Estadio de la Cerámica setelah pada musim 2005/2006 sempat menukangi tim Villarreal B.

"Luis Garcia Plaza bergabung dengan The Yellow Submarine bersama staf kepelatihannya, Pedro Rostoll (asisten pelatih), Eduardo Dominguez (pelatih fisik) dan Raul Gallego (analis)," demikian pernyataan resmi Villarreal.

"Dia pernah melakukan kerja apik bersama sejumlah klub seperti Levante dan Getafe, serta klub terakhirnya, Beijing Ranhe."

Sebagai informasi tambahan, Calleja sendiri adalah pelatih kelima yang dipecat di Liga Spanyol musim ini, setelah Eduardo Berizzo (Athletic Bilbao), Leo Franco (Huesca), Julen Lopetegui (Real Madrid), dan Antonio Mohamed (Celta Vigo).

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS