Persib Punya Pelatih Kiper Anyar, Siap Gunakan Metode Latihan Timnas

Rully Fauzi
Persib Punya Pelatih Kiper Anyar, Siap Gunakan Metode Latihan Timnas
Pelatih kiper Persib yang baru, Gatot Prasetyo. [Suara.com / Aminuddin]

Gatot Prasetyo merupakan mantan pelatih kiper Timnas Indonesia U-16.

Suara.com - Menyambut Liga 1 musim kompetisi 2019, Persib kini memiliki pelatih kiper baru. Ia adalah Gatot Prasetyo, mantan pelatih kiper Timnas Indonesia U-16. Gatot menerima pinangan Persib, untuk tentunya menyokong pelatih anyar tim, Miljan Radovic.

"Untuk program yang akan saya terapkan di Persib, kurang lebih yang baik-baiknya akan saya pakai (metode-metode latihan di timnas U-16). Ya, seperti metode paling baru yang saya miliki pasti akan saya terapkan disini," tutur Gatot kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat.

Meski begitu, Gatot mengaku terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara melatih Persib dan melatih timnas U-16. Faktor usia pemain menjadi pertimbangan Gatot untuk bisa menyesuaikan metode latihan kiper di Persib.

"Tentunya lihat dari jenjang usia, kemarin U-16 cara treatment-nya juga beda. Tapi, kalau yang baru-baru kaitannya dengan metode melatih, saya pasti akan terapkan di Persib," terangnya.

Menurut Gatot, materi penjaga gawang yang ada di skuat Persib saat ini sudah bagus. Persib memiliki tiga kiper, yakni Muhammad Natshir, I Made Wirawan, dan Muchamad Aqil Savik. Ketiganya, kata dia, memiliki kemampuan mumpuni di bawah mistar gawang Maung Bandung.

"Semuanya sudah mereka miliki, andaikata ada di kondisi 100 persen, baik dari sisi kebugaran maupun teknik, kita gak ragu dengan mereka," ujar Gatot.

"Hanya masalahnya bagaimana caranya membantu mereka supaya pada saat dibutuhkan oleh tim, semua kiper ini bisa menampilkan permainan terbaik mereka," lanjutnya.

Menurut Gatot, materi latihan yang harus dilahap ketiga kiper Persib ini memang tidak akan terpaku dengan gaya latihan kiper zaman dulu. Diakuinya, kiper di era modern saat ini juga harus bagus dalam mengolah bola, bukan hanya melakukan save demi save saja.

"Semua unsur ya, kiper modern adalah kiper yang secara skill touching sama foot itu harus sama baiknya, itu harus dilatih agar sama balance-nya. Bagus dengan tangan, bagus dengan kaki. Bagus melakukan penyelamatan, bagus juga mengolah bola," tandasnya. (Aminuddin)

Kontributor : Aminuddin

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS