Mourinho Sebut Inter Milan sebagai Tim Terbaik yang Pernah Dilatihnya

Rully Fauzi
Mourinho Sebut Inter Milan sebagai Tim Terbaik yang Pernah Dilatihnya
Mantan manajer Manchester United, Jose Mourinho. [Lindsey PARNABY / AFP]

Mourinho kini tengah menganggur usai dipecat Manchester United pada 18 Desember 2018 lalu.

Suara.com - Sederet klub top Eropa pernah dilatihnya, mulai dari Chelsea, Real Madrid , hingga Manchester United , namun Jose Mourinho memilih Inter Milan ketika ditanya soal klub terbaik yang pernah dibesutnya, dalam karier manajerial panjang nan sukses juru taktik berusia 55 tahun tersebut.

Hal ini disampaikan Mourinho ketika menjadi bintang tamu ataupun pandit di stasiun TV olahraga yang berbasis di Qatar, beIN Sports, Jumat (18/1/2019).

Mourinho sendiri kini memang memiliki banyak waktu senggang lantaran tengah menganggur, usai dipecat Manchester United pada 18 Desember 2018 lalu.

Well, romansa treble bersama Inter ternyata sangat berkesan bagi Mourinho. Pelatih asal Portugal itu pun menyebut La Beneamata -julukan Inter- sebagai klub terbaik yang pernah ditanganinya, alih-alih Real Madrid, Chelsea ataupun Man United .

Ya, Mourinho mengungkapkan bahwa Inter periode 2008 hingga 2010 silam merupakan tim terbaik yang pernah dia latih dalam kariernya.

"Tim terbaik? Kalian tahu saya harus mengatakan Inter karena mereka memenangi segalanya," buka The Special One -julukan Mourinho.

"Saya harus objektif dan menaruh rasa hormat sepenuhnya terhadap mereka, dan mengatakan mereka adalah tim yang memenangi semuanya dari hari pertama hingga terakhir," celoteh Mourinho.

Sebagai informasi, seusai dipecat Chelsea pada 2007, setahun kemudian Mourinho ditunjuk Inter sebagai pelatih kepala menggantikan Roberto Mancini. Pelatih yang mengawali karier kepelatihannya bersama Benfica itu menangani Inter selama dua musim, yakni pada musim 2008/2009 dan 2009/2010. 

Meski hanya dua musim, akan tetapi Mourinho sukses mempersembahkan berbagai gelar buat Inter, mulai dari dua gelar Liga Italia Serie A, serta masing-masing satu trofi Coppa Italia, Piala Super Italia dan Liga Champions.

Pencapaian bersejarah Mourinho bersama Inter terjadi pada musim 2009/2010. Kala itu ia sukses mengantar La Beneamata meraih treble winners. Hal inilah yang membuat Mourinho memilih Inter sebagai tim terbaik yang pernah dia tangani.

"Mereka (Inter) menjuarai semua kompetisi yang ada. Musim 2009/2010 mereka memenangi treble, mengalahkan tim terbaik dunia Barcelona 3-1 (di semifinal Liga Champions), serta mengalahkan Bayern Munich 2-0 di final," ujar Mourinho.

"Mereka menjuarai liga di Italia dengan raihan poin fantastis, mereka menjuarai Piala Italia, dan memenangi tiga final dalam 10 hari. Jadi saya harus katakan bahwa mereka adalah tim terbaik," tandasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS