Pochettino Ungkap Resep Kemenangan Dramatis Tottenham di Craven Cottage

Rully Fauzi
Pochettino Ungkap Resep Kemenangan Dramatis Tottenham di Craven Cottage
Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino (kanan). [Adrian DENNIS / AFP]

Tottenham menyegel kemenangan krusial dengan skor 2-1 atas tuan rumah Fulham tadi malam.

Suara.com - Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino memuji keyakinan dan semangat pantang menyerah pasukannya ketika mereka berjaya di markas Fulham pada laga pekan ke-23 Liga Inggris 2018/2019, Minggu (20/1/2019) malam WIB. Tottenham sukses mengamankan kemenangan tipis nan dramatis 2-1 di Craven Cottage.

Dengan absennya duo penyerang andalan, yakni Harry Kane karena cedera dan Son Heung-min yang sedang membela Timnas Korea Selatan di Piala Asia 2019, Tottenham harus berterima kasih pada sosok Harry Winks.

Gelandang asal Inggris Winks terakhir kali mencetak gol bagi Tottenham pada November 2016, namun dia menciptakan gol penentu kemenangan Tottenham atas Fulham tadi malam pada detik-detik terakhir laga, tepatnya pada menit 90+3!

Pengganti Kane, Fernando Llorente sendiri mendapati hari yang berat. Penyerang jangkung asal Spanyol ini memang masuk score sheet, namun lantaran mencetak gol bunuh diri pada menit 14, alih-alih ke gawang lawan. Llorente juga gagal memanfaatkan dua kesempatan untuk mencetak gol.

Justru Dele Alli yang tampil lebih ganas setelah dia mengonversi umpan dari Christian Eriksen pada menit 51, yang membawa Tottenham menyamakan kedudukan jadi 1-1.

Georges-Kevin N'Koudou, yang masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Alli yang cedera, kemudian menciptakan umpan silang yang cantik, yang disambut oleh Winks lewat sundulan kepalanya untuk menjadi gol di penghujung laga.

Dengan hasil ini, Tottenham sendiri kukuh bercokol di peringkat tiga klasemen sementara Liga Inggris 2018/2019 dengan 51 poin dari 23 laga, unggul empat poin dari Chelsea yang ada di peringkat keempat, serta tujuh poin dari Arsenal dan Manchester United yang masing-masing bertengger di peringkat kelima dan keenam.

"Penyelesaian yang luar biasa dan ending yang luar biasa pula dari partai berat melawan tim yang tampil mati-matian untuk menghindari degradasi. Itu lah kenapa sangat penting untuk yakin dan terus optimis sampai detik-detik akhir pertandingan," celoteh Pochettino seperti dilansir BBC Sport.

"Aksi brilian dari Harry Winks, mendapatkan bola dari posisi yang sulit. Dia percaya dia bisa mencetak skor dan tiba di kotak (penalti Fulham). Umpan yang luar biasa dari N'Koudou," sanjungnya.

"Terkadang di sepakbola, bukan soal taktik dan formasi, tapi kalian harus yakin. Dan kami melakukan itu sampai saat-saat terakhir. Kami yakin bisa membalikkan keadaan setelah tertinggal, dan menang. Saya pikir itu kunci kemenangan kami kali ini. Kami percaya!" jelas Pochettino. 

"Ini merupakan kesempatan yang bagus bagi para pemain yang berbeda untuk menunjukkan kualitasnya. Beberapa pemain yang selama ini jarang tampil punya wadah untuk menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan. Dan penampilan mereka saya pikir cukup bagus," tukas pelatih berpaspor Argentina itu.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS