Tak Masalah Suarez Gagal Cetak Gol, Valverde Justru Khawatir Soal Ini

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Tak Masalah Suarez Gagal Cetak Gol, Valverde Justru Khawatir Soal Ini
Reaksi pelatih Barcelona Ernesto Valverde (kiri) saat skuatnya bermain imbang tanpa gol dengan Lyon di Liga Champions. FRANCK FIFE / AFP

Ernesto Valverde mengaku tidak khawatir penyerangnya itu gagal mencetak gol. Justru hal ini yang membuatnya jauh lebih ketar ketir.

Suara.com - Gagal menghasilkan gol saat bertandang ke markas Lyon, Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde tak terlalu merisaukan soal kemampuan para bombernya, termasuk Luis Suarez. Ia justru mengkhawatirkan hal lain yang jauh lebih krusial.

Barcelona harus puas bermain imbang tanpa gol ketika bertandang ke markas Lyon dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Groupama Stadium, Rabu (20/2/2019) dini hari WIB. Blaugrana gagal memetik kemenangan setelah bermain lebih dominan dari tim tamu.

Pada laga tersebut sebenarnya Barcelona telah memberikan penampilan terbaiknya. Akan tetapi, mereka hanya saja belum mampu memanfaatkan peluang yang ada. Pasalnya, dari catatan 25 peluang yang diciptakan Lionel Messi dan kawan-kawan, hanya lima kali tepat sasaran dan tidak ada yang berbuah gol.

Penampilan para penyerang Barcelona pun menjadi sorotan pada laga tersebut, termasuk Luis Suarez. Pemain asal Uruguay itu disebut mandul pada laga melawan Lyon tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ernesto Valverde mengaku tidak khawatir penyerangnya itu gagal mencetak gol. Justru Valverde lebih mengkhawatirkan jika penyerangnya itu tidak bisa menciptakan peluang.

Aksi Luis Suarez saat laga melawan Lyon di Liga Champions pada 19 Februari 2019 (Franck Fife/AFP)
Aksi Luis Suarez saat laga melawan Lyon di Liga Champions pada 19 Februari 2019 (Franck Fife/AFP)

Pelatih asal Spanyol itu lebih lanjut menjelaskan tugas seorang penyerang bukan hanya mencetak gol. Akan tetapi mereka juga harus bisa menciptakan peluang untuk rekan setimnya.

"Itu tidak membuat saya khawatir. Aku akan khawatir jika dia tidak mendapatkan peluang, yang kamu minta dari seorang penyerang tengah. Dan (bahkan) jika dia tidak memiliki peluang, dia menciptakan peluang untuk rekan satu timnya," buka Ernesto Valverde usai pertandingan dikutip dari ESPN.

"Lawan takut padanya. Dia (harus) menyiapkan dirinya sendiri. Sepak bola adalah permainan margin. Striker telah menjalankan (gol) dan yang terbaik adalah dia mendapatkan peluang," sambungnya.

Untuk leg kedua babak 16 besar Liga Champions, giliran Barcelona akan menjamu Olympique Lyon di Camp Nou pada Rabu (13/3/2019). Pada laga tersebut Lionel Messi dan kawan-kawan harus menang untuk lolos ke babak selanjutnya. (bolatimes.com)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS