Klub Liga Inggris Minati Pemain Timnas Indonesia U-16, Termasuk Bagus Kahfi

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Klub Liga Inggris Minati Pemain Timnas Indonesia U-16, Termasuk Bagus Kahfi
Si kembar Amiruddin Bagas Kaffa dan Amiruddin Bagus Kahfi (kanan) usai membawa Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF 2018. (Suara.com/Dimas Angga P)

Sejumlah klub di Inggris kepincut pada Bagus Kahfi dan kawan-kawan saat menjalani pemusatan latihan di Inggris.

Suara.com - Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria membenarkan banyak klub Inggris yang berminat pada Bagus Kahfi dan kawan-kawan yang tergabung dalam tim Garuda Select Indonesia. Bahkan, sebagaian klub menghubungi PSSI meminta data beberapa pemain Garuda Select untuk diseleksi bahkan direkrut.

Tidak menampik, namun Tisha enggan memberi bocoran klub Inggris mana saja yang berminat pada mantan penggawa timnas Indonesia U-16 tersebut.

"Saya tidak bisa memberi tahu (klub mana saja). Tapi intinya selama bermain di Inggris, banyak talent scouting yang melihat dan mengontak PSSI untuk meminta data anak-anak itu lebih lanjut. Namun demikian, tidak boleh lupa anak-anak ini harus berkompetisi, sebelum mereka berpindah ke usia 18 tahun," kata Ratu Tisha di SUGBK, Selasa (19/3/2019).

"Mereka harus pulang terlebih dulu dan yg paling penting sekolahnya harus lulus. Dan, akan ada dua anak yang menyongsong UN (Ujian Nasional), yaitu David (Maulana) dan Sandi. Mereka harus pintar-pintar mengatur waktu, karena sekolah yang utama," ucapnya.

Tim Garuda Select di Inggris. (instagram.com/mysupersoccer)
Tim Garuda Select di Inggris. (instagram.com/mysupersoccer)

Tim Garuda Select Indonesia merupakan program pembinaan usia muda PSSI. Para pemain yang masuk ke skuat Garuda Select Indonesia adalah pemain dari Liga 1 U-16 Elite Pro Academy serta penggawa Timnas Indonesia U-16 besutan Fakhri Husaini.

Saat ini, Garuda Select tengah menjalani pemusatan latihan di Inggris yang merupakan perwujudan program kerja sama antara pihak sponsor, PSSI, dan FA (federasi Inggris). Program Garuda Select dipimpin oleh Dennis Wise sebagai Direktur Teknik dan Des Walker sebagai Pelatih Kepala.

"Mereka baru bisa melakukannya secara resmi pada usia 18 tahun (perekrutan pemain oleh klub sesuai regulasi FIFA). Jadi, intinya mereka harus kembali ke Indonesia, harus berkompetisi di Elite Pro Academy Liga 1 U-18. Jadi Insya Allah akan terbuka pengalamannya selama di sana," pungkas Tisha.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS