Pecundangi Madura United, Persebaya Tantang Arema di Final Piala Presiden

Syaiful Rachman
Pecundangi Madura United, Persebaya Tantang Arema di Final Piala Presiden
Pesepak bola Persebaya Surabaya Washington Brandao Dos Santos (kanan) berusaha melewati pesepak bola Madura United Fakhruddin (tengah) dalam semi final leg ke-2 Piala Presiden di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (6/4/2019). Persebaya Surabaya melaju ke final setelah mengalahkan Madura United dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Hendri

Sempat tertinggal, Persebaya singkirkan Madura United di semifinal Piala Presiden 2019.

Suara.com - Persebaya Surabaya berhasil melaju ke babak final Piala Presiden 2019. Menghadapi Madura United di leg kedua babak semifinal, Sabtu (6/4/2019), Persebaya menang tipis 3-2.

Dengan kemenangan tersebut, Persebaya yang memetik kemenangan tipis di leg pertama beberapa waktu lalu, secara meyakinkan melaju ke final Piala Presiden 2019 dengan keunggulan agregat 4-2.

Jalannya Pertandingan

Menjamu Persebaya di Stadion Pamekasan, Madura United mengambil inisiatif serangan lebih dulu di awal pertandingan. Dua menit bola bergulir, peluang pertama tercipta bagi tuan rumah.

Berawal dari permainan satu dua antara Alfath dengan David Laly, nama terakhir melepaskan umpan silang terukur ke depan gawang Persebaya. Beto yang dituju berhasil menanduk bola, namun si kulit bundar masih mampu diamankan Miswar.

Memasuki menit ke-9, blunder pemain Persebaya nyaris dikonversi menjadi gol oleh Madura United. Sayang, Zah Rahan yang mendapat peluang emas gagal menundukkan Miswar.

Mendominasi penguasaan bola, serangan demi serangan terus dilancarkan tuan rumah. Andik mendapat peluang di pertengahan babak pertama, akan tetapi tendangan keras pemain timnas Indonesia itu tak juga mampu menundukkan Miswar.

Persebaya bukan tanpa perlawanan. Sesekali tim besutan Djajang Nurjaman mencoba merangsek ke pertahanan lawan meski gagal menembus benteng tuan rumah yang dimotori Jaimerson. Hingga turun minum, skor kacamata tetap bertahan.

Pesepak bola Madura United Alfat Fathir (tengah) mencoba melewati hadangan pemain Persebaya Surabaya Moh Syaifuddin (kanan) dan Osvaldo Hay (kiri) dalam semi final leg ke-2 Piala Presiden di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (6/4/2019). Persebaya Surabaya melaju ke final setelah mengalahkan Madura United dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Hendra Widodo
Pesepak bola Madura United Alfat Fathir (tengah) mencoba melewati hadangan pemain Persebaya Surabaya Moh Syaifuddin (kanan) dan Osvaldo Hay (kiri) dalam semi final leg ke-2 Piala Presiden di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (6/4/2019). Persebaya Surabaya melaju ke final setelah mengalahkan Madura United dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Hendra Widodo

Sembilan menit bola bergulir di babak kedua, Madura United berhasil memecah kebuntuan. Menerima sodoran bola dari Zah Rahan, Beto melepaskan tembakan terukur ke depan gawang yang disambut Rakic dengan tandukkan keras. Bola yang mengarah ke sudut kanan atas gawang gagal dibendung Mistar. Madura United unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Persebaya langsung bereaksi. Tidak dibutuhkan waktu lama bagi tim berjuluk Bajol Ijo untuk menyeimbangkan kedudukan. Menang duel di udara, Otavio Dutra mengubah papan skor menjadi 1-1 di menit 61.

Tujuh menit berselang, Madura United kembali unggul. Beraksi dari sisi kanan lapangan, Beto berhasil mengecoh pemain Persebaya dan menusuk ke jantung pertahanan lawan sebelum menaklukkan Miswar dari sudut sempit. Madura United unggul 2-1.

Atmosfer pertandingan pun kian memanas, Persebaya yang tidak ingin kehilangan peluang melaju ke final Piala Presiden musim ini berupaya keras membongkar benteng pertahanan tuan rumah. Upaya keras pasukan Bajol Ijo pun kembali berbuah di menit 82. Tandukkan Balde kembali memaksakan hasil imbang 2-2.

Papan skor yang kembali imbang seakan membuat para pemain Madura United patah semangat. Serangan yang dibangun tim tuan rumah dengan mudah dipatahkan Persebaya.

Di menit-menit akhir, Persebaya yang mulai memperkokoh pertahanan dan mengandalkan serangan balik berhasil membalikkan keadaan. Lewat skema serangan balik cepat, di menit 90+4 Hansamu Yama menutup pertandingan dengan skor 2-3.

Susunan Pemain
Madura United: M Ridho, Alfath, Imbiri, Jaimerson, Andik, David Laly, Marck Sandi, Zulfiandi, Beto, Rakic, Zah Rahan.

Persebaya: Miswar, Hansamu, Syaifuddin, Novan, Otavio Dutra, Misbakus, Hidayat, Osvaldo, Balde, Damian, Jalilov.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS