Kualifikasi Piala Eropa: Belanda Hantam Irlandia Utara 3-1

Bangun Santoso
Kualifikasi Piala Eropa: Belanda Hantam Irlandia Utara 3-1
Striker Belanda Memphis Depay. (AFP)

Ketiga gol Belanda atas Irlandia Utara dicetak di menit-menit akhir babak kedua

Suara.com - Timnas Belanda sukses membungkam tamunya Irlandia Utara dengan skor 3-1 dalam laga lanjutan pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020. Gol Der Oranye masing-masing dicetak oleh Memphis Depay dan Luuk de Jong.

Bertanding di Stadion De Kuip, Jumat (11/10/2019) dini hari WIB, ketiga gol Belanda dicetak di menit-menit akhir yakni menit 80, 90+1 dan 90+4.

Dengan kemenangan ini mengantarkan timnas Belanda ke puncak klasemen Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan koleksi 12 poin dari lima laga. Poin itu sama dengan yang diraih Jerman di peringkat kedua, namun Belanda unggul head to head. Di mana dalam dua pertemuan melawan Jerman, Belanda kalah 2-3 di kandang tetapi bisa membalas dengan kemenangan 4-2 saat tandang.

Jalannya Pertandingan

Dari statistik UEFA, Belanda benar-benar superior sepanjang pertandingan dengan menguasai 77 persen penguasaan bola. Meski tampil menyerang sejak babak pertama dimulai, nyatanya gol tak kunjung tercipta hingga babak pertama usai.


Total pasukan De Oranje juga bisa melepas 18 tembakan dengan 9 di antaranya tepat sasaran. Jumlah itu amat timpang dengan peluang timnas Irlandia Utara yang cuma memiliki tiga tembakan ke gawang Jasper Cilessen.

Justru tim tamu sempat unggul terlebih dahulu di menit ke-75. Adalah Josh Magennis menjadi pencetak gol pertama pada laga Belanda vs Irlandia Utara tersebut.

Masuk pada menit ke-66 menggantikan Kyle Laferty, Josh Magennis hanya butuh 9 menit untuk mencetak gol melalui sundulan, memanfaatkan umpan silang Stuart Dallas. Publik di Stadion De Kuip sempat dibuat terdiam sesaat.

Tertinggal satu gol, membuat pasukan tuan rumah lebih meningkatkan intensitas serangan. Mereka benar-benar mengurung sisi pertahanan Irlandia Utara.

Berkali-kali mencoba, gol yang ditunggu akhirnya datang juga. Memphis Depay membuat skor sama kuat 1-1 pada menit ke-81.

Sembilan menit kemudian, tepatnya di menit ke-90, publik tuan rumah akhirnya bersorak kala Frenkie de Jong sukses mencetak gol usai menyelesaikan umpan Steven Bergwijn.

Tak sampai di situ, hanya berselang empat menit sebelum pertandingan usai, Memphis Depay kembali mencetak gol keduanya di pertandingan kali ini usai memanfaatkan assist Luuk De Jong. Skor 3-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain

Belanda: Jasper Cillessen, D Dumfries, M de Ligt, Virgil van Dick, D Blind, G Wijnaldum, M de Roon, F de Jong, S Bergwijn, Memphis Depay, Dyan Babel.

Pelatih: Ronald Koeman

Irlandia Utara: B Peacock-Farrell, S Ferguson, J Evans, C Cathcart, M Smith, C Evans, S Dallas, P McNair, S Davis, G Saville, K Lafferty

Pelatih: M O'Neill

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS