alexametrics

Parade Blunder Leno di Laga Rapid Vienna vs Arsenal, Arteta Beri Pembelaan

Rully Fauzi
Parade Blunder Leno di Laga Rapid Vienna vs Arsenal, Arteta Beri Pembelaan
Kiper Arsenal, Bernd Leno berusaha menahan bola dalam laga Liga Europa 2020/2021 kontra Rapid Vienna yang dihelat di Allianz Stadion, Vienna, Austria, Jumat (23/10/2020) dini hari WIB. [JOE KLAMAR / AFP]

Bernd Leno sedikitnya membuat tiga blunder konyol, yang satu di antaranya berbuah gol Rapid Vienna.

Suara.com - Manajer Arsenal, Mikel Arteta pasang badan dan mengaku bertanggung jawab atas blunder yang dilakukan kiper Bernd Leno dalam laga pembuka Grup B Liga Europa 2020/2021, saat mereka susah payah mengalahkan tuan rumah Rapid Vienna 2-1 di Allianz Stadion, Vienna, Austria, Jumat dini hari WIB.

Menjalani andalan utama Arsenal musim ini di bawah mistar gawang, terlebih setelah Emiliano Martinez dilepas ke Aston Villa, Bernd Leno sedikitnya membuat tiga blunder konyol pada laga dini hari tadi, yang satu di antaranya berbuah gol bagi Vienna.

Kiper internasional Jerman itu melakukan tiga kali kesalahan elementer, yakni tiga kesalahan umpan yang menimbulkan ancaman.

Soal build-up play ini, Arteta sendiri mengakui jika dirinya memang menyuruh Leno untuk berperan aktif untuk membangun serangan Arsenal dari lini pertahanan.

Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Europa: Klub-klub Inggris Berjaya, Napoli Tumbang

Manajer Arsenal, Mikel Arteta. [ALEX LIVESEY / POOL / AFP]
Manajer Arsenal, Mikel Arteta. [ALEX LIVESEY / POOL / AFP]

"Kami tahu ini akan menjadi pertandingan sulit, dan beberapa keputusan ataupun taktik kami membuat kerja dia (Leno) menjadi lebih berat, termasuk gol yang masuk ke gawang kami. Itu adalah kesalahan saya karena saya yang menuntut permainan semacam itu," kata Arteta seperti dimuat Tribal Football.

"Namun saya menyukai reaksi para pemain. Di babak kedua kami lebih paham ruang yang bisa kami serang, tampil lebih bagus dan menghasilkan, walau sempat ada kesalahpahaman lagi di akhir laga di lini belakang," ujarnya menambahkan.

Arteta juga tetap membela keberanian Leno untuk tetap berkomitmen menerapkan strategi membangun serangan Arsenal dari belakang, walau kali ini diwarnai beberapa kegagalan.

"Ia memiliki keberanian untuk melakukannya dan sebelumnya kami cukup sukses menerapkan pola ini dengan gol-gol yang kami peroleh di laga-laga lain. Saya rasa kami harus menemukan keseimbangan, tapi saya akan tetap meminta pola ini diterapkan di momen yang tepat," pungkas pelatih asal Spanyol itu.

Baca Juga: Baru Gabung AC Milan, Jens Petter Hauge Girang Langsung Bisa Cetak Gol

Komentar