alexametrics

Selebrasi Lionel Messi Dinilai Bermasalah, Barcelona Bisa Kena Denda

Rauhanda Riyantama
Selebrasi Lionel Messi Dinilai Bermasalah, Barcelona Bisa Kena Denda
Megabintang Barcelona, Lionel Messi, mengenakan jersey Newell's Old Boys bekas klub mendiang Diego Maradona, saat merayakan golnya ke gawang Osasuna dalam laga Liga Spanyol di Camp Nou, Minggu (29/11/2020) malam WIB. (ANTARA/REUTERS/Albert Gea)

Messi sebelumnya berselebrasi melepas jersey Barcelona-nya sebagai penghormatan untuk Maradona.

Suara.com - Lionel Messi membuat selebrasi gol untuk mendiang Diego Maradona pada laga Barcelona vs Osasuna. Apesnya, aksi penyerang 33 tahun itu dinilai bermasalah dan Blaugrana pun terancam kena sanksi denda.

Messi mencetak satu gol dalam kemenangan 4-0 Barcelona atas Osasuna pada lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Minggu (29/11/2020). Ia mencetak gol pamungkas di menit ke-73 lewat sepakan keras kaki kirinya.

Seusai mencetak gol, Messi melakukan selebrasi dengan melepas jersey Barcelona-nya untuk memperlihatkan jersey Newells Old Boys bernomor punggung 10. Ia kemudian mencium kedua tangannya lantas menengadah ke langit mengenang Maradona yang meninggal.

Messi memang sengaja melakukan selebrasi tersebut sebagai tribut untuk mendiang Maradona. Sebagai informasi, Newells Old Boys merupakan tim yang dibela Maradona pada 1993/94 sekaligus tim masa kecil Messi sendiri, sebelum ia hijrah menimba ilmu ke La Masia.

Baca Juga: Hits Bola: Tangis Putri Maradona Pecah saat Boca Juniors Beri Penghormatan

Apesnya, selebrasi Messi tersebut dinilai melanggar kode disiplin yang ditetapkan oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Alhasil, Barcelona sebagai klub kemungkinan besar akan dijatuhi denda sebesar 3.000 euro (Rp 51 juta).

Menurut laporan AS, Messi melanggar kode disiplin Pasal 91 yang menyatakan bahwa setiap pemain dilarang membuka baju untuk segala jenis kampanye atau pun pesan dalam bentuk apa pun. Bagi pelanggar akan didenda sebesar 3.000 euro atau teguran.

Lionel Messi sendiri sebetulnya sudah diganjar kartu kuning usai berselebrasi. Saat hendak memakai jersey Barcelona-nya, bintang asal Argentina itu tiba-tiba didatangi wasit dan diberi kartu.

Terlepas dari kejadian tersebut, kemenangan membuat Barcelona naik peringkat. Kini Lionel Messi cs merangsek ke posisi tujuh klasemen dengan koleksi 14 poin dari sembilan pertandingan.

Baca Juga: Memilukan, Isi Pesan Terakhir Diego Maradona untuk Putra Bungsunya

Komentar