alexametrics

Kiper Persib: Turnamen Pramusim Penting untuk Kembalikan Sentuhan Permainan

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Kiper Persib: Turnamen Pramusim Penting untuk Kembalikan Sentuhan Permainan
Penjaga Gawang Persib, I Made Wirawan. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

I Made Wirawan menganggap turnamen pramusim sebelum Liga 1 2021 bergulir amat penting diselenggarakan demi mengukur kesiapan tim-tim peserta.

Suara.com - Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan, mendukung diselenggarakannya turnamen pramusim sebelum bergulirnya Liga 1 2021. Hal itu disebutnya penting demi mengembalikan sentuhan permainan.

Kompetisi sepakbola di Tanah Air sudah vakum hampir satu tahun penuh sejak dihentikan pada Maret 2020 akibat pandemi Covid-19 yang hingga kini belum mampu di atasi Indonesia.

Selama periode itu, para pemain praktis tak lagi merasakan kompetisi resmi atau atmosfer kompetitif di level klub. Kondisi itu membuat I Made Wirawan menganggap turnamen pramusim sebelum Liga 1 2021 bergulir amat penting diselenggarakan demi mengukur kesiapan tim-tim peserta.

"Turnamen pramusim sangat penting untuk saat ini. Karena sudah terlalu lama kami tak ada pertandingan resmi," kata I Made Wirawan dalam rilis klub.

Baca Juga: Top Bola Sepekan: Pevoli Cantik Ini Lepas Kepergian Bagus Kahfi ke Belanda

"Selain untuk pemanasan, dan mengukur sejauh mana kekuatan tim, juga untuk mencari feeling bermain, karena sudah terlalu lama libur," tambah mantan penjaga gawang Persiba Balikpapan tersebut.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebelumnya telah memerintahkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi untuk merancang turnamen pramusim.

Meski demikian, tak ada garansi apakah turnamen pramusim itu bisa benar-benar diselenggarakan atau tidak, mengingat PT LIB dan PSSI hingga kini tak kunjung mendapat izin keramaian dari kepolisian.

Sebelumnya, Direktur Utama PT LIB juga menjawab kemungkinan adanya turnamen sebelum kompetisi. Pihaknya mengaku masih menunggu keputusan izin dari Polri untuk bisa berkompetisi.

Jika waktu masih memungkinkan, PT LIB akan mencoba menjadwalkan turnamen pramusim. Namun, operator Liga 1 dan 2 itu lebih mengutamakan kompetisi lebih dahulu.

Baca Juga: Tiga Pemain Junior Persija Ikut Kursus Kepelatihan D PSSI

"Sekarang kami masih fokus untuk mendapatkan izin lebih dahulu. Kalau sudah ada izin buat rencana liga, baru mungkin (turnamen)," ujar Akhmad Hadian Lukita.

Komentar