alexametrics

Aubameyang Cetak Hattrick, Arsenal Gebuk Leeds United 4-2

Bangun Santoso
Aubameyang Cetak Hattrick, Arsenal Gebuk Leeds United 4-2
Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang (kanan) usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris 2020/2021 di Emirates Stadium, London, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB. [PETER CZIBORRA / POOL / AFP]

Arsenal kembali ke jalur kemenangan setelah kalah dalam pertandingan liga dua kali berturut-turut

Suara.com - Pierre-Emerick Aubameyang menandai kembali masuk starting lineup Arsenal dengan mencetak hattrick pertamanya di Liga Premier saat menang 4-2 melawan tim tamu Leeds United, Senin (15/2/2021) dini hari WIB.

Penyerang Gabon yang tidak pernah menjadi starter dalam lima pertandingan terakhir karena alasan pribadi itu membawa Arsenal unggul pada menit ke-13 dan kemudian menggandakan kedudukan melalui tendangan penalti sebelum Hector Bellerin mengubah skor 3-0 pada babak pertama.

Aubameyang menyempurnakan hattricknya dengan sundulan dua menit memasuki babak kedua.

Namun Leeds membalas. Sundulan Pascal Struijk dalam menit ke-58 menghidupkan kembali asa tim tamu.

Baca Juga: West Brom Vs Manchester United: Setan Merah Ditahan Imbang The Baggies 1-1

Ketika Helder Costa kembali mencetak gol pada sisa waktu sekitar 20 menit, tuan rumah beberapa kali nyaris dijebol lagi.

Aubameyang nyaris menciptakan gol keempatnya namun bola membentur tiang gawang.

Arsenal kembali ke jalur kemenangan setelah kalah dalam pertandingan liga dua kali berturut-turut.

Mereka kembali menyalip Leeds ke posisi 10 dengan 34 poin dari 24 pertandingan, sedangkan Leeds menempati urutan 11 dengan 32 poin namun menyimpan satu pertandingan lebih banyak.

"Kami tahu ini bakal menjadi pertandingan yang sulit. Leeds tidak pernah menyerah tetapi pada akhirnya kami menunjukkan manajemen main yang baik," kata Aubameyang sang kapten Arsenal seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Demi Tiket Liga Champions, Arsenal Tak Boleh Lagi Terpeleset di Liga

Aubameyang yang ibunya sakit membawa Arsenal unggul ketika dia memotong dari sektor kiri dan mengelabui kiper Leeds Illan Meslier dengan tembakan yang mengarah ke tiang dekat.

Upaya gol Aubameyang berikutnya berhasil diblok lawan, namun Arsenal mendapat hadiah penalti ketika Bukayo Saka melaju ke kotak penalti yang memaksa Liam Cooper mengganjalnya.

Meski awalnya menunjuk titik penalti, wasit Stuart Attwell melihat kembali insiden itu dari monitor VAR di pinggir lapangan dan dia berubah pikiran.

Namun 10 menit kemudian kali ini Meslier yang membuat pelanggaran di kotak penalti.

Aubameyang mencetak gol dari titik penalti untuk menggandakankeunggulan Arsenal dan Meslier kembali kebobolan oleh tembakan jarak dekat Bellerin pada menit ke-45.

Arsenal menjadi-jadi ketika Aubameyang menyundul umpan silang Emile Smith-Rowe pada menit ke-47 tetapi Leeds seketika tersentak.

Tandukan keras pertama Struijk dan kemudian finis apik Costa yang meneruskan umpan Tyler Roberts membuat asa Leeds hidup kembali. Namun Leeds gagal mencetak gol lagi.

Susunan pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno, Hector Bellerin, David Luiz, Gabriel, Cedric Soares, Daniel Ceballos, Granit Xhaka, Bukayo Saka, Martin Oedegaard Emile Smith-Rowe, Pierre-Emerick Aubameyang

Leeds United (4-1-4-1): Lllan Meslier, Ezgjan Alioski, Liam Cooper, Luke Ayling, Jamie Shackleton, Pascal Struijk, Jack Harrison, Mateusz Klich, Stuart Dallas, Raphinha, Patrick Bamford

Komentar