alexametrics

Sosok Ini Resmi Jadi Pelatih Kelima Schalke Musim Ini

Rully Fauzi
Sosok Ini Resmi Jadi Pelatih Kelima Schalke Musim Ini
Pelatih baru Schalke 04, Dimitrios Grammozis. [Laman resmi Schalke]

Schalke sebelumnya telah memecat tiga pelatih, plus sempat menggunakan servis pelatih interim.

Suara.com - Klub Bundesliga Jerman yang tengah mengalami krisis, Schalke 04 hari ini resmi menunjuk Dimitrios Grammozis sebagai manajer alias pelatih kepala kelima mereka di musim 2020/2021 ini.

Pelatih berusia 42 tahun berkebangsaan Yunani-Jerman itu menandatangani kontrak sampai Juni 2022, dan mewarisi tim yang mendekam di dasar klasemen sementara Bundesliga, sembilan poin di bawah zona aman dengan menyisakan 11 pertandingan lagi musim ini.

Schalke sendiri tengah kacau balau setelah pelatih sebelumnya Christian Gross, direktur olahraga Jochen Schneider dan koordinator tim Sascha Riether dipecat awal pekan ini di tengah laporan adanya pemberontakan dari para pemain.

Grammozis menyatakan dia sungguh menantikan tugas barunya ini kendati Schalke cuma memenangkan satu pertandingan liga, serta kalah dalam 16 dari 23 pertandingan Bundesliga musim ini.

Baca Juga: Manchester United vs AC Milan: Ibrahimovic Urung Comeback ke Old Trafford

Ini adalah tugas kepelatihan pertamanya di Bundesliga setelah tampil 143 kali di Bundesliga sebagai pemain, yakni sebagai gelandang Hamburg, Cologne dan Kaiserslautern.

Grammozis terakhir kali melatih tim divisi dua, Darmstadt, yang dia tinggalkan akhir musim lalu setelah dua tahun dipimpinnya.

Schalke sudah memecat David Wagner, Manuel Baum dan Gross sebagai pelatih kepala mereka di kampanye 2020/2021 ini.

Huub Stevens juga sempat menjadi pelatih interim selama dua hari pada Desember 2020 lalu setelah Baum dipecat.

Pertandingan pertama Grammozis sebagai pelatih Schalke adalah laga sangat penting pada Sabtu (6/3/2021) dini hari WIB melawan Mainz, yang sama-sama terseok-seok di zona degradasi klasemen sementara Bundesliga.

Baca Juga: Setelah Schalke, Satu Lagi Klub Bundesliga Resmi Pecat Pelatih

"Kami diyakinkan bahwa kami sudah menemukan pelatih baru untuk sepertiga akhir musim ini," kata direktur olahraga Schalke, Peter Knaebel seperti dikutip AFP.

"Kami semua sudah mengetahui situasinya (ancaman degradasi), tetapi sama sekali independen dari itu. Masih ada 11 pertandingan Bundesliga lagi dan kami ingin menyelesaikannya seberhasil mungkin," tukasnya.

Komentar