alexametrics

Aji Mumpung, Dortmund Patok Harga Erling Haaland Rp3 Triliun

Arief Apriadi
Aji Mumpung, Dortmund Patok Harga Erling Haaland Rp3 Triliun
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland. [THOMAS KIENZLE / POOL / AFP]

Kenaikan drastis harga penyerang Timnas Norwegia itu sejalan dengan penampilan apiknya bersama Dortmund.

Suara.com - Borussia Dortmund telah menetapkan harga jual penyerang fenomenal mereka, Erling Haaland, senilai 180 juta euro atau sekitar Rp3 triliun, sebagaimana laporan ESPN, Sabtu (27/3/2021).

Kenaikan drastis harga penyerang Timnas Norwegia itu sejalan dengan penampilan apiknya selepas pindah dari FC Salzburg ke Borussia Dortmund pada Januari tahun lalu.

Dia telah mencetak 32 gol dalam 31 penampilan musim ini, termasuk 10 gol dalam enam pertandingan Liga Champions, dan agennya, Mino Raiola, telah mengatakan 10 klub berada dalam posisi untuk mengontraknya.

Haaland memilih hengkang ke Borussia Dortmund musim lalu di tengah rumor kencang yang mengaitkannya bakal digaet Manchester United asuhan Ole Gunnar Solskjaer, mantan pelatihnya di Molde.

Baca Juga: Alphonso Davies, Pesepakbola Pertama yang Jadi Duta PBB

Namun tim Bundesliga lah yang berhasil mengamankan tanda tangan pesepakbola 20 tahun itu dan setuju untuk memasukkan klausul rilis dalam kontraknya.

Dortmund diyakini ingin mendapatkan untung besar dari penjualan Erling Haaland sebelum klausul rilisnya aktif mulai tahun depan.

ESPN melaporkan bahwa harga 'gila' yang dipatok Dortmund diharapkan bisa memadamkan minat tim-tim besar Eropa seperti Manchester United, Manchester City, Chelsea, Bayern Munich, hingga Barcelona untuk mengurungkan niatnya.

Dengan harga 180 juta euro di tengah pasar transfer yang dipengaruhi pandemi Covid-19, Dortmund sepertinya ingin mempertahankan Haaland di klub setidaknya untuk tahun ini.

Borussia Dortmund sendiri tengah kesulitan untuk menemukan konsistensi di kancah domestik. Di Bundesliga, mereka terlempar dari persaingan gelar dengan untuk sementara terdampar di peringkat kelima.

Baca Juga: 5 Hits Bola: Hasil Piala Menpora 2021, Klasemen Grup A Sampai D

Kondisi itu jelas membuat Haaland sendiri mungkin mempertimbangkan untuk meninggalkan Die Borussen, apalagi di akhir musim tim asuhan pelatih interim Edin Terzic gagal lolos ke Liga Champions.

Komentar