alexametrics

Alphonso Davies, Pesepakbola Pertama yang Jadi Duta PBB

Rully Fauzi
Alphonso Davies, Pesepakbola Pertama yang Jadi Duta PBB
Fullback Bayern Munich, Alphonso Davies. [Christof STACHE / AFP]

Ini tentunya jadi kebanggaan tersendiri bagi bintang Bayern Munich dan Timnas Kanada itu.

Suara.com - Bintang muda Bayern Munich, Alphonso Davies resmi menjadi pesepakbola pertama yang didapuk sebagai Duta Khusus Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membantu masalah pengungsi.

Davies, pemain berusia 20 tahun yang disebut-sebut sebagai salah satu fullback kiri terbaik dunia saat ini, lahir di kamp pengungsi di Ghana sebelum hijrah ke Kanada dan dipercaya sebagai duta besar untuk Badan Pengungsi PBB.

“Pengalaman pribadi saya akhirnya mendorong saya untuk menyuarakan isi hati para pengungsi, untuk berbagi cerita mereka (pengungsi) dan membantu menciptakan perubahan,” kata Davies seperti dikutip AFP, Kamis (25/3/2021).

“Para pengungsi itu membutuhkan dukungan kita untuk bertahan hidup, termasuk mendapatkan akses pendidikan dan olahraga, sehingga mereka memiliki potensi dan bisa terus berkembang,” papar pemilik 17 caps dan 5 gol bersama Timnas Kanada itu.

Baca Juga: Prediksi Inggris vs San Marino: Pertarungan David vs Goliath

Davies memenangkan gelar juara Liga Champions bersama Bayern Munich musim lalu.

Davies sendiri mulai mendukung Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi sejak 2020. Saat itu, ia ikut ambil bagian dalam sebuah turnamen game streaming.

Pada Februari lalu, Davies juga membantu meluncurkan kampanye Pemerintah Kanada untuk mempromosikan akses pendidikan berkualitas bagi pengungsi.

Saat ini, Davies tengah diskors untuk dua pertandingan Bundesliga Jerman 2020/2021 berikutnya bersama Bayern, setelah diusir keluar lapangan ketika mengalahkan FC Koln 4-0 pada akhir pekan lalu, yang membuat Bayern tetap berdiri kokoh di puncak klasemen Bundesliga.

[Antara]

Baca Juga: Kubu Ole In, Beckham: Solskjaer Lakukan Pekerjaan Luar Biasa di MU

Komentar