alexametrics

Piala Menpora: Barito Putera Lolos ke 8 Besar, Tira Persikabo Tersingkir

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Piala Menpora: Barito Putera Lolos ke 8 Besar, Tira Persikabo Tersingkir
Suasana laga Piala Menpora 2021 antara Barito Putera vs Tira Persikabo di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3/2021) sore. [dok. PT LIB]

Laga Barito Putera vs Tira Persikabo berjalan sengit di Stadion Manahan, Selasa (30/3/2021) sore.

Suara.com - Laga matchday pamungkas Grup A Piala Menpora 2021 mempertemukan Barito Putera kontra Tira Persikabo di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3/2021) sore. Berlangsung sengit, kedua tim harus berbagi poin setelah laga berakhir seri 2-2.

Hasil imbang ini membuat Barito Putera lolos ke babak delapan besar Piala Menpora setelah mengoleksi lima poin dari tiga pertandingan di Grup A.

Sementara  itu, Tira Persikabo dipastikan tersingkir di babak fase grup setelah hanya meraih dua poin dari tiga laga.

Siapa yang akan menemani Barito Putera akan diketahui setelah rampungnya pertandingan PSIS Semarang kontra Arema FC, Selasa (30/3/2021) petang ini di Stadion Manahan.

Baca Juga: Aguero Gabung Barcelona Bakal Buat Lionel Messi Semringah

Jalannya Pertandingan

Tira Persikabo, yang mau tak mau harus menang untuk lolos ke babak delapan besar Piala Menpora, sudah tampil menyerang sejak menit awal.

Sementara itu, Barito Putera menjaga lini pertahanan mereka dengan sangat baik. Barito Putera, yang hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak selanjutnya, memang terlihat bermain lebih santai.

Rizky Pora dan kawan-kawan lebih sering memainkan bola di daerah permainan mereka sendiri. Namun, pressing ketat Tira Persikabo membuat Barito Putera sering kehilangan bola.

Hingga pertandingan memasuki menit ke-15 skor 0-0 masih bertahan.

Baca Juga: Prediksi Belgia vs Belarusia: Saatnya Iblis Merah Balik ke Trek Kemenangan

Tira Persikabo terus menekan pertahanan Barito Putera. Namun, sulit bagi Wawan Febriyanto dan kawan-kawan menciptakan peluang untuk menjadi sebuah gol, sehingga tendangan-tendangan jarak jauh sering mereka lepaskan.

Adapun Barito Putera sulit keluar dari tekanan Tira Persikabo. Masih belum ada gol yang tercipta hingga pertandingan memasuki menit ke-30.

Tira Persikabo sendiri akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-36.

Umpan manis Wawan Febriyanto mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Ahmad Nufiandani lewat tendangan voli, yang tak bisa ditepis kiper M. Riyandi. Skor sementara 1-0 untuk Tira Persikabo.

Unggul satu gol, Tira Persikabo belum puas. Tim asuhan Igor Kriushenko nampak masih ingin terus meningkatkan selisih gol mereka, yang tentunya akan berpengaruh di klasemen akhir Grup A.

Tira Persikabo terus menekan pertahanan Barito Putera untuk menambah pundi-pundi gol. Sayangnya hingga turun minum, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Barito Putera langsung menyerang untuk menyamakan kedudukan. Tak butuh waktu lama bagi mereka untuk mencetak gol.

Memanfaatkan tendangan penjuru pada menit ke-49, Cassio de Jesus berhasil menjebol gawang Tira Persikabo kawalan kiper Syahrul Trisna.

Tak lama berselang, tepatnya tiga menit setelah gol Cassio, Tira Persikabo kembali unggul 2-1. Kali ini giliran Andy Setyo mencatatkan namanya di papan skor.

Setelah itu, jual beli serangan terus terjadi. Barito Putera terlihat ngotot untuk kembali menyamakan skor.

Sementara itu, Tira Persikabo masih berusaha menambah keunggulan agar peluang mereka lolos ke babak selanjutnya tetap terbuka. Namun hingga menit ke-65, masih belum ada gol lagi yang tercipta.

Pertandingan masih berjalan ketat hingga cooling break, tapi skor 2-1 untuk Tira Persikabo masih belum berubah.

Akhirnya Barito Putera berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-86. Lewat tendangan bebas, sepakan Muhamad Firly tak bisa ditepis kiper Tira Persikabo.

Skor menjadi 2-2, yang bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Susunan Pemain:

Barito Putera XI: M. Riyandi, Cassio, Muhammad Rifky, Abrizal Umanailo, Alif Jaelani, Bayu Pradana, Luthfi Kamal, Muhamad Firli, Bagas Kaffa, Rizky Pora (C), Donald Bissa.

Pelatih: Djadjang Nurdjaman (Indonesia)

Tira Persikabo XI: Syahrul Trisna, Andy Setyo, Didik Wahyu, Firza Andika, Abduh Lestaluhu, Marasabessy, Ahmad Nufiandani, Guntur Triaji (C), Roni Sugeng, Wawan Febriyanto, Dimas Drajad.

Pelatih: Igor Kriushenko (Belarusia)

Komentar