alexametrics

Asnawi Ingin Pulihkan Cederanya Dulu Sebelum Gabung TC Timnas Indonesia

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Asnawi Ingin Pulihkan Cederanya Dulu Sebelum Gabung TC Timnas Indonesia
Bek sayap Ansan Greeners asal Indonesia, Asnawi Mangkualam. (HO/Instagram Asnawi Mangkualam)

Asnawi cedera hamstring saat memperkuat Ansan Greeners.

Suara.com - Asnawi Mangkualam ingin fokus menyembuhkan cedera yang dideritanya terlebih dahulu sebelum gabung training camp (TC) Timnas Indonesia.

Rencananya, bek sayap berusia 23 tahun itu tak akan gabung TC Timnas Senior Indonesia di Jakarta, melainkan langsung gabung TC skuad Garuda di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 18 Mei nanti.

Asnawi sendiri mengalami cedera hamstring pada pekan lalu, ketika membela klubnya, Ansan Greeners di laga lanjutan K-League 2 Korea Selatan kontra Seoul E-Land.

Mantan pemain PSM Makassar itu bertekad cepat sembuh agar bisa menyusul skuad Timnas Indonesia yang melakoni TC lanjutan di Dubai.

Baca Juga: Adam Alis Siap Bantu Timnas Sapu Bersih 3 Laga Sisa Kualifikasi Piala Dunia

Seperti diketahui, pemusatan latihan ini merupakan persiapan sebelum Timnas Indonesia melakoni tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Asnawi menjadi salah satu pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong. Namun, tentu sang bek sayap harus pulih lebih dahulu dari cederanya.

"Sekarang masih cedera, harus istirahat seminggu lagi. Masih pemulihan di sini (Korea Selatan) sebelum berangkat ke Dubai. Tentu harus pulih dulu dari cedera ini lah, baru gabung TC timnas," tutur Asnawi Mangkualam dalam tanya jawab via live Instagram bersama PSSI.

"Awalnya cedera ini dari latihan H-2 sebelum lawan Seoul E-Land, saat itu sudah ada rasa sedikit. Saya terapi terus, jadi berkurang sakitnya," beber Asnawi.

"Saat main di pertandingan, mungkin karena cuaca dingin jadi otot nggak maksimal. Ketika sprint beberapa kali itu sudah terasa sejak babak pertama. Saya juga sudah minta diganti sejak menit 20-an," ungkapnya.

Baca Juga: Asnawi Takjub dengan Publikasi Masif Dirinya Lewat Medsos Korsel

Namun, Asnawi mencoba bertahan. Pada babak kedua laga kontra Seoul itu lah baru Asnawi tak bisa menahan rasa sakit sehinggi minta diganti oleh pemain lainnya.

"Tapi saya akhirnya menunggu sampai babak pertama selesai lalu bilang ke pelatih kalau saya ada masalah di hamstring. Pelatih bilang kalau masih bisa lanjut coba dulu, ya sudah lanjut. Di babak kedua kalau nggak bisa, kasih instruksi," jelasnya.

"Mungkin menit 50-an akhirnya nggak bisa lanjut karena takut makin parah dan takut makin besar. Bisa-bisa harus istirahat sebulan sampai dua bulan sehingga nggak bisa gabung timnas," pungkas Asnawi.

Saat ini Timnas Indonesia masih menjalani TC di Jakarta yang sudah dimulai sejak 1 Mei 2021. Anak-anak asuhan Shin Tae-yong ini akan berangkat ke Dubai pada 17 Mei mendatang.

Adapun Timnas Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan lagi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G,  yakni melawan Thailand, Vietnam dan UEA pada awal Juni mendatang.

Komentar