alexametrics

Sterling Cetak Gol Tunggal, Inggris Atasi Kroasia di Laga Perdana Grup D Euro 2020

Rully Fauzi
Sterling Cetak Gol Tunggal, Inggris Atasi Kroasia di Laga Perdana Grup D Euro 2020
Penyerang sayap Timnas Inggris, Raheem Sterling (kanan) merayakan golnya ke gawang Kroasia pada laga Grup D Euro 2020 di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB. [Glyn KIRK / POOL / AFP]

Timnas Inggris bentrok dengan Kroasia di Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

Suara.com - Big match tersaji di matchday 1 Grup D Euro 2020, sebagaimana Timnas Inggris menjajal kekuatan Timnas Kroasia di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

Setelah tertahan di babak pertama meski menguasai pertandingan dan juga lebih banyak melancarkan serangan-serangan, Inggris akhirnya mencetak gol di babak kedua lewat Raheem Sterling pada menit ke-57.

Gol Sterling tersebut menjadi gol tunggal di partai ini, yang menyegel raihan tiga poin bagi Inggris pada laga perdana mereka di Euro 2020.

Dengan kemenangan tipis 1-0 atas Kroasia ini, Inggris memuncaki klasemen sementara Grup D yang juga dihuni Skotlandia dan Republik Ceko. Skotlandia dan Ceko akan bertanding pada Senin (14/6/2021) malam WIB.

Baca Juga: Euro 2020: Inggris Gagal Bongkar Pertahanan Gerendel Kroasia di Babak Pertama

Inggris ada di puncak dengan poin tiga dan selisih gol +1, sementara Kroasia ada di dasar klasemen dengan nirpoin dan selislih gol -1.  

Jalannya Pertandingan

Timnas Inggris langsung tancap gas di awal-awal laga. Ancaman pertama datang dari gelandang serang Phil Foden di menit keenam.

Memanfaatkan umpan dari rekan setimnya di Manchester City, Raheem Sterling, Foden melanjutkannya dengan tendangan keras ke gawang Kroasia.

Sayang, sepakannya itu hanya membentur tiang gawang!

Baca Juga: Komentari Insiden Christian Eriksen, Kardiolog: Dia Tidak Punya Riwayat Jantung

Kroasia sendiri gantian mengancam semenit berselang. Namun, tembakan jarak jauh yang dilepaskan Ante Rebic masih bisa diantisipasi kiper Inggris Jordan Pickford.

Menit ke-26, Inggris kembali mendapat peluang bagus. Kali ini Sterling melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, tendangannya masih melebar dari gawang.

Menit ke-42, wasit memberi bek Kroasia, Duje Caleta-Car kartu kuning atas pelanggaran yang dilakukannya. Pelanggaran di tepi kotak penalti itu membuahkan tendangan bebas untuk Inggris.

Sebagai ahlinya set-piece, Kieran Trippier pun maju sebagai eksekutor tendangan bebas. Sayang, sepakannya membentur pagar hidup dan skor 0-0 pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki paruh kedua, Inggris masih mengambil inisiatif serangan, dengan Mason Mount, Foden dan Sterling menyokong Harry Kane sebagai penyerang tengah.

Gelandang serang Timnas Inggris, Phil Foden (kanan) dibayangi gelandang sentral Timnas Kroasia, Mateo Kovacic pada laga Grup D Euro 2020 di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB. [Catherine Ivill / POOL / AFP]
Gelandang serang Timnas Inggris, Phil Foden (kanan) dibayangi gelandang sentral Timnas Kroasia, Mateo Kovacic pada laga Grup D Euro 2020 di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB. [Catherine Ivill / POOL / AFP]

Menit ke-57, Inggris akhirnya memecah kebuntuan. Sterling membuka skor untuk The Three Lions usai memanfaatkan umpan manis gelandang sentral Kalvin Phillips.

Kiper Dominik Livakovic sejatinya sempat menyentuh bola, namun kerasnya sepakan Sterling dari dalam kotak 16 tetap membuat bola bersarang ke gawang Kroasia.

Sekadar informasi, ini merupakan gol perdana Sterling di turnamen besar untuk Inggris.

Setelah itu, hingga menit ke-80, Kroasia mulai lebih berani keluar menyerang untuk mencari gol penyeimbang, dengan gelandang veteran Luka Modric sebagai andalan dalam mengatur serangan.

Namun hingga laga rampung, skor 1-0 untuk kemenangan Inggris tetap tak berubah.

Susunan Pemain:

Inggris XI (4-2-3-1): Pickford; Walker, Stones, Mings, Trippier; Phillips, Rice; Foden, Mount, Sterling; Kane. 

Pelatih: Gareth Southgate (Inggris)

Kroasia XI (4-3-3): Livakovic; Vrsaljko, Vida, Caleta-Car, Gvardiol; Modric, Brozovic, Kovacic; Perisic, Rebic, Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)