alexametrics

Sancho Sama Sekali Tak Masuk Skuad Inggris Lawan Kroasia, Southgate Kasih Penjelasan

Rully Fauzi
Sancho Sama Sekali Tak Masuk Skuad Inggris Lawan Kroasia, Southgate Kasih Penjelasan
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memberikan aplaus pada laga Grup D Euro 2020 kontra Kroasia di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB. [Glyn KIRK / POOL / AFP]

Selain itu, nama Ben Chilwell juga tak ada di daftar pemain cadangan Inggris.

Suara.com - Ada hal menarik saat Timnas Inggris menang atas Kroasia pada laga pembuka mereka di Euro 2020. Pelatih Gareth Southgate sama sekali tak menyertakan winger Jadon Sancho dan juga fullback Ben Chilwell dalam skuadnya.

Inggris menang tipis 1-0 atas Kroasia pada laga matchday 1 Grup D Euro 2020 yang dihelat di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB. Gol tunggal Raheem Sterling di babak kedua jadi penentu kemenangan The Three Lions --julukan Timnas Inggris.

Gareth Southgate sendiri membuat beberapa keputusan mengejutkan dalam pertandingan itu.

Salah satunya, pelatih berusia setengah abad itu memainkan Kieran Trippier, yang sejatinya seorang fullback kanan, di posisi bek sayap kiri, alih-alih memasang Luke Shaw yang tampil impresif bersama Manchester United di sepanjang musim 2020/2021.

Baca Juga: Jude Bellingham Pecahkan Rekor Pemain Termuda di Euro

Fullback kiri lainnya, Ben Chilwell, yang turut berkontribusi membawa Chelsea kampiun Liga Champions musim lalu, bahkan sama sekali tak ada dalam skuad.

Ya, nama Chilwell bahkan tak ada dalam jajaran pemain pengganti Inggris di laga kontra Kroasia semalam.

Setali tiga uang, nama Jadon Sancho juga tak ada dalam daftar pemain cadangan Inggris.

Padahal, winger Borussia Dortmund yang santer dikabarkan akan segera dibeli mahal oleh Manchester United tersebut digadang-gadang sebagai pemain muda yang akan bersinar di Euro 2020 ini.

Winger Timnas Inggris, Jadon Sancho. [KENZO TRIBOUILLARD / AFP]
Winger Timnas Inggris, Jadon Sancho. [KENZO TRIBOUILLARD / AFP]

Yang membuat bingung, Southgate memasukkan dua kiper di jajaran pemain cadangan Inggris, ketimbang menyertakan Sancho dan Chilwell.

Baca Juga: Pujian Setinggi Langit Southgate untuk Sterling, Aktor Kemenangan Inggris atas Kroasia

Terkait hal ini, Southgate pun memberikan penjelasannya. Pelatih berusia setengah abad itu menegaskan jika Sancho dan Chilwell tidak cedera, ia hanya memerlukan pelapis di posisi lain. Ya, sesimpel itu.

"Dengan dua nama tak masuk skuad, sayang kami hanya bisa membawa 23 nama dan kami mesti melapisi posisi-posisi tertentu," papar Southgate seperti dimuat BBC Sport, Senin (14/6/2021).

"Saya sama sekali tidak senang kami harus mengeluarkan pemain dari skuad dalam sebuah turnamen besar, tapi di laga lawan Kroasia ini, saya rasa keputusan itu perlu diambil," sambungnya.

Terkait memasang Trippier di sisi kiri meski memiliki dua fullback kidal mumpuni dalam diri Shaw dan Chilwell, sang pelatih yakin bek kanan Atletico Madrid itu kapabel.

"Bersama Kieran, kami merasa ia adalah pemain yang sangat berpengalaman dan bagus saat satu lawan satu demi menahan laju umpan silang," terang Southgate.

"Ia salah satu pemain senior. Komunikasi, kepemimpinan dan pengalamannya akan membantu kami," tukasnya.

Komentar