alexametrics

7 Fakta Menarik Jelang Laga Seru Prancis vs Jerman di Euro 2020

Reky Kalumata
7 Fakta Menarik Jelang Laga Seru Prancis vs Jerman di Euro 2020
Striker Prancis Antoine Griezmann merayakan golnya bersama sesama pemain depan Kylian Mbappe dan Karim Benzema di mana mereka menang 3-0 atas Wales di Stadion Allianz Riviera di Nice, Prancis, 2 Juni 2021. (AFP/FRANCK FIFE)

Ini menjadi salah satu partai yang ditunggu-tunggu para pecinta sepak bola dunia

Suara.com - Prancis akan menghadapi Jerman di laga perdana Grup F Euro 2020. Berikut fakta - fakta jelang laga seru Prancis vs Jerman di Allianz Arena, Munich, Rabu (16/6/2021) dini hari WIB.

Prancis dan Jerman merupakan dua tim raksasa yang kaya prestasi di kancah Eropa dan Dunia. 'Bentrok' kedua tim pun kerap berlangsung seru sehingga menjadi salah satu partai yang ditunggu-tunggu para pecinta sepak bola dunia.

Dari catatan lima pertemuan terakhir kedua tim, Prancis unggul dengan tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Sementara Der Panzer belum sekali pun mengalahkan Les Bleus di lima pertemuan terakhir, sejak November 2015.

Berikut fakta - fakta menarik jelang laga Prancis vs Jerman yang dihimpun dari berbagai sumber :

Baca Juga: Morata Jadi Kambing Hitam Kegagalan Spanyol di Laga Perdana, Begini Komentar Laporte

  1. Ini pertemuan keenam Prancis dan Jerman dalam sebuah turnamen besar, namun yang pertama yang terjadi dalam fase grup. Sejauh ini mereka punya catatan relatif seimbang dengan masing-masing dua kali memenangkan dalam enam pertemuan ini.
  2. Prancis tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhirnya melawan Jerman di bumi Jerman (3 menang, 2 seri). Pertemuan terakhir mereka pada September 2018 yang juga diadakan di Allianz Arena berakhir seri 0-0.
  3. Satu-satunya pertemuan Prancis dan Jerman di Kejuaraan Eropa sebelumnya adalah di semifinal 2016 - Prancis menang 2-0, dengan Antoine Griezmann mencetak kedua gol.
  4. Ini pertandingan ke-18 Joachim Loew dalam Piala Eropa. Dia membawa Jerman ke semifinal pada lima dari enam turnamen besar, dan sekali mengantarkan Jerman juara dunia pada 2014.
  5. Didier Deschamps membawa Prancis juara dunia 1998 dan juara Eropa 2000 sebagai pemain, dan juara dunia 2018 sebagai pelatih. Dia kini memburu catatan sukses juara Eropa sebagai manajer setelah nyaris melakukannya pada Euro 2016 ketika Les Bleus menjadi runner-up di bawah Portugal.
  6. Jerman ikut ambil bagian dalam Kejuaraan Eropa untuk ke-13, lebih dari tim lain. Mereka telah memenangkan trofi tiga kali, terbanyak bersama Spanyol (3). Pertandingan mereka berikutnya juga akan menjadi pertandingan ke-50 mereka di turnamen, menjadi tim pertama yang mencapai tonggak sejarah itu.
  7. Antoine Griezmann telah mencetak lebih banyak gol melawan Jerman daripada melawan tim lain mana pun bersama Prancis (4). Dia juga terlibat lebih banyak gol (14) daripada pemain Eropa lainnya selama dua turnamen besar terakhir: 10 gol dan empat assist dalam 14 pertandingan di Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Komentar