alexametrics

Resmi! Gianluigi Buffon Balik ke Parma Setelah 20 Tahun

Rully Fauzi
Resmi! Gianluigi Buffon Balik ke Parma Setelah 20 Tahun
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon. [MARCO BERTORELLO / AFP]

Kiper berusia 43 tahun itu akan bermain di Serie B musim depan.

Suara.com - Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon resmi balik ke klub masa kecilnya, Parma setelah kontraknya tak diperpanjang Juventus di musim panas ini. Alih-alih pensiun, kiper berusia 43 tahun itu dipastikan akan bermain di Serie B musim depan.

Direkrut secara free transfer, Buffon resmi kembali ke Parma setelah meninggalkan klub yang identik dengan warna kuning-biru itu 20 tahun silam, demi bergabung dengan Juventus yang memecahkan rekor transfer kiper kala itu.

Buffon memang kiper asli jebolan akademi Parma. Ia debut bersama tim utama Gialloblu --julukan Parma-- pada 1994 sebelum akhirnya memutuskan hengkang ke Juventus pada 2001.

Buffon kemudian 18 tahun menjadi kiper andalan Juventus, sebelum hengkang pada musim panas 2019 ke tim raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

Baca Juga: Tinggalkan Real Madrid Setelah 16 Musim, Tangisan Sergio Ramos Pecah

Namun, Buffon hanya semusim di Paris sebelum comeback ke Juventus untuk menjalani periode keduanya berkostum Bianconeri.

Setelah dua musim hanya menjadi back-up bagi kiper utama Juventus Wojciech Szczesny, Buffon akhirnya meninggalkan Turin untuk kali kedua setelah kontraknya tak diekstensi.

Hari ini, akun resmi Parma di Twitter, @1913Parmacalcio, mengunggah video kembalinya kiper veteran berjuluk 'Superman' itu.

"Dia kembali ke tempatnya. Dia kembali ke rumah," cuit klub yang baru saja kembali terdegradasi dari Liga Italia Serie A tersebut.

Diketahui bahwa pemilik 176 caps bersama Timnas Italia itu menandatangani kontrak berdurasi satu tahun bersama Parma hari ini.

Baca Juga: Belanda Hadapi Austria, Matthijs de Ligt Siap Tempur

Komentar