alexametrics

Turki Jadi Bulan-bulanan di Euro 2020, Sang Kapten Soroti Masalah Mentalitas

Rully Fauzi
Turki Jadi Bulan-bulanan di Euro 2020, Sang Kapten Soroti Masalah Mentalitas
Penyerang andalan sekaligus kapten Timnas Turki, Burak Yilmaz tampil pada laga Grup A Euro 2020 kontra Swiss di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Senin (21/6/2021) dini hari WIB. [Darko Vojinovic / POOL / AFP]

Meski kecewa berat, Turki kini akan langsung mengalihkan fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Suara.com - Perjalanan Timnas Turki di Euro 2020 tak ubahnya seperti bencana. Tiga laga di fase grup berujung dengan kekalahan, mereka pun tersingkir dari turnamen dengan nirpoin.

Teranyar, Turki dibabat Timnas Swiss dengan skor 1-3 pada laga matchday terakhir Grup A Euro 2020 yang dihelat di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Senin (21/6/2021) dini hari WIB.

Tim asuhan Senol Gunes pun menyudahi turnamen sebagai tim peringkat buncit Grup A, tanpa mengoleksi satu pun poin dan juga mengantongi selisih gol yang miris, yakni -7.

Ini memang sangat ironis, mengingat sebelum turnamen dimulai, Turki sejatinya diyakini bisa memberikan kejutan sebagai tim kuda hitam.

Baca Juga: Lawan Belanda Jadi Laga Perpisahan Goran Pandev Bersama Timnas Makedonia Utara

Skuad Turki memang dihuni sederet pemain top, sebut saja bek Juventus Merih Demiral, bek Leicester City Caglar Soyuncu, gelandang AC Milan Hakan Calhanoglu, bek Schalke yang musim lalu dipinjam Liverpool Ozan Kabak, hingga trio Lille yang baru saja memenangi Ligue 1 Prancis; penyerang Burak Yilmaz, gelandang Yusuf Yazici, serta bek sayap Zeki Celik.

Namun, penampilan Turki di lapangan hijau nyatanya jauh panggang dari api. Pasukan Senol Gunes malah jadi bulan-bulanan di Euro 2020.

Terkait performa mengecewakan ini, Burak Yilmaz sebagai penyerang andalan sekaligus kapten Timnas Turki pun buka suara.

Tanpa ragu, penyerang Lille berusia 35 tahun itu secara khusus menyoroti masalah mentalitas.

Meski demikian, sang kapten mengakui bahwa pelajaran di Euro 2020 ini akan menjadi bekal penting bagi Turki, terutama menyongsong kelanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Baca Juga: Engkel Patah 3 Kali, Eden Hazard Menolak Menyerah

"Harus saya akui, ini sangat mengecewakan performa di Euro 2020 ini. Sejujurnya, kami belum mampu mengatasi tekanan tampil di turnamen bergengsi," ungkap Yilmaz seperti dimuat Tribal Football.

"Kami semua sangat kecewa, tapi apa pun itu, kami lolos ke putaran final Euro, yang mana itu juga merupakan pencapaian bagus," sambung penyerang veteran yang telah malang melintang di Liga Turki bersama tiga klub top; Besiktas, Fenerbahce dan Galatasaray itu.

"Ke depannya, saya yakin Turki akan tampil bagus di kualifikasi Piala Dunia. Tapi, saya bisa melihat banyak hal yang harus dipelajari untuk tampil di turnamen semacam ini. Ada pelajaran besar," tukasnya.

Turki sendiri sejauh ini tampil bagus di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, di mana mereka berada di Grup G. Turki bahkan mampu mengalahkan tim unggulan di grup itu, Belanda, dengan skor 4-2 pada 25 Maret 2021 lalu.

Komentar