alexametrics

Pimpin Daftar Top Skor Euro 2020, Wijnaldum: Bukan Saya Bintang Utama Belanda

Rully Fauzi
Pimpin Daftar Top Skor Euro 2020, Wijnaldum: Bukan Saya Bintang Utama Belanda
Ekspresi kegembiraan gelandang Timnas Belanda, Georginio Wijnaldum usai mencetak gol ke gawang Makedonia Utara pada laga Grup C Euro 2020 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. [Kenzo Tribouillard / POOL / AFP]

Gelandang anyar Paris Saint-Germain itu memilih merendah meski tampil apik sejauh ini bersama Belanda di Euro 2020.

Suara.com - Mantan pemain Liverpool yang musim depan akan memperkuat Paris Saint-Germain, Georginio Wijnaldum sejauh ini tampil ciamik bersama Timnas Belanda di Euro 2020. Namun, sang gelandang sentral memilih merendah meski namanya kini ada di puncak daftar top skor Euro 2020.

Wijnaldum kembali tampil apik saat Belanda menggilas Makedonia Utara 3-0 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB, yang membuat De Oranje mengoleksi poin sempurna sembilan dari tiga laga Grup C dan tentunya melangkah mulus ke babak 16 besar Euro 2020.

Gelandang berusia 30 tahun itu mengemas brace alias dua gol ke gawang Makedonia Utara, yang membuat dirinya kini telah mengoleksi tiga gol di Euro 2020.

Wijnaldum ada di puncak daftar top skor sementara, bersama Cristiano Ronaldo (Portugal), Patrik Schick (Republik Ceko), serta Romelu Lukaku (Belgia), yang sejauh ini juga sama-sama telah mengukir tiga gol di turnamen.

Baca Juga: Grup D Euro 2020: Jadwal dan Prediksi Kroasia vs Skotlandia

Usai kemenangan telak atas Makedonia Utara, Wijnaldum yang terpilih sebagai 'Star of the Match' versi panel resmi UEFA memilih merendah.

Menurutnya, Timnas Belanda saat ini punya pemain-pemain yang lebih hebat dan lebih penting ketimbang dirinya.

"Selalu terasa menyenangkan menjadi man of the match dan juga ada di deretan teratas daftar top skor, tapi saya rasa saya bukanlah bintang utama Belanda," ucap Wijnaldum seperti dimuat Football Oranje, Selasa (22/6/2021).

"Ada Memphis (Depay) yang juga mencetak gol hari ini. Dia dan para attacker lain bisa memenangkan pertandingan bagi Belanda. Mereka bisa mengubah pertandingan," sambung eks bintang Newcastle United itu.  

"Soal penghargaan pemain terbaik lawan Makedonia pun, jika boleh jujur, Frenkie (De Jong) dan Memphis lebih pantas mendapatkannya daripada saya. Mereka luar biasa hari ini," celotehnya.

Baca Juga: Selalu Kalah di Euro 2020, Pelatih Timnas Makedonia Utara Resmi Mundur

Meski ogah sesumbar berlebihan, Wijnaldum mengungkapkan rahasianya bisa begitu tajam bersama Belanda di Euro kali ini, di mana ia jadi satu-satunya gelandang di antara para penyerang di puncak daftar top skor sementara Euro 2020.

Menurut gelandang bertenaga kuda itu, yang paling penting adalah berada di tempat yang tepat.

"Rahasianya saya kira adalah berada di tempat yang tepat. Seperti yang Anda lihat hari ini, itu adalah dua gol yang mudah, namun Anda harus berdiri di tempat di mana bola akan datang," tukasnya.

Komentar