alexametrics

Harry Kane Pecah Telor, Inggris ke Perempatfinal Euro 2020 Usai Tekuk Jerman

Rully Fauzi
Harry Kane Pecah Telor, Inggris ke Perempatfinal Euro 2020 Usai Tekuk Jerman
Penyerang Timnas Inggris, Harry Kane (kiri) usai mencetak gol ke gawang Jerman pada laga 16 besar Euro 2020 di Wembley, London, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB. [JOHN SIBLEY / POOL / AFP]

Raheem Sterling juga kembali masuk papan skor untuk Timnas Inggris.

Suara.com - Raheem Sterling kembali masuk papan skor, serta Harry Kane akhirnya 'pecah telor' untuk mengantarkan Timnas Inggris menyingkirkan Timnas Jerman dalam laga babak 16 besar Euro 2020 yang mereka menangi 2-0 di Wembley, London, Inggris, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Inggris menjadi tim ketujuh yang lolos ke perempatfinal Euro 2020 menyusul langkah Denmark, Italia, Republik Ceko, Belgia, Spanyol dan Swiss.

Inggris masih menanti lawan mereka di babak delapan besar, yakni antara Swedia atau Ukraina yang baru akan bertemu dalam laga lebih larut.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga: Minim Peluang, Inggris vs Jerman Tanpa Gol di Babak Pertama

Inggris mendapatkan peluang bagus pertama mereka pada menit ke-17. Berawal dari sepak pojok Kieran Trippier, bola kemudian ditanduk Harry Maguire. Sayang, percobaan bek andalan Inggris itu masih bisa diamankan oleh kiper veteran Jerman, Manuel Neuer.

Pada menit ke-33, giliran Jerman yang mengancam. Berawal dari umpan terobosan Kai Havertz, Timo Werner lantas melepaskan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Beruntung bagi Inggris, kiper Jordan Pickford dengan sigap mampu melakukan save gemilang.

Inggris sendiri benar-benar nyaris membuka keunggulan di penghujung paruh pertama ini. Menit ke-45+2, Harry Kane mampu mengecoh kiper Neuer dalam situasi one-on-one.

Saat sang penyerang tinggal mencocor bola untuk masuk ke gawang, Mats Hummels muncul menyelamatkan Jerman dengan tekel briliannya sekaligus menetralisir ancaman ini.

Baca Juga: Main Tanpa Determinasi, Patrick Vieira: Prancis memang Layak Tersingkir

Skor kacamata alias imbang tanpa gol bertahan sampai babak pertama rampung.

Jerman memasuki babak kedua dengan nyaris membuka keunggulan, ketika Havertz menyambar bola liar di tepian kotak penalti dengan sepakan voli. Namun, Pickford secara luar biasa masih bisa men-tip bola ke atas mistar gawang.

Kebuntuan pertandingan berlanjut cukup lama hingga akhirnya pada menit ke-75, Sterling melanjutkan 'tugasnya' sebagai satu-satunya pencetak gol Inggris di Euro 2020 sejauh ini dengan menjebol gawang Jerman.

Berawal dari pergerakan yang diawali penyerang sayap Manchester City itu sendiri, bola sempat menyentuh kaki Kane dan Jack Grealish sebelum dikirim jadi umpan tarik oleh Luke Shaw.

Bola crosing Shaw tersebut gagal diantisipasi Toni Kroos dan Matthias Ginter sebelum disambut sontekan manis Sterling yang memperdaya Neuer.

Jerman berusaha mencetak gol balasan pada menit ke-81, ketika Thomas Muller lolos dari jebakan offside.

Akan tetapi, bintang Bayern Munich itu gagal menaklukkan Pickford dalam situasi one-on-one lantaran penyelesaiannya melenceng.

Lima menit berselang, Inggris justru mampu menggandakan keunggulan mereka lewat gol pertama Kane sepanjang turnamen, yang sempat ditinjau oleh VAR sebelum disahkan oleh wasit Danny Makkelier.

Shaw menyodorkan bola yang digiring Grealish ke ruang di sisi kanan kotak penalti Jerman, sebelum mengirimkan umpan silang rendah disambut tandukan Kane.

Jerman berusaha keras untuk bangkit, tapi waktu semakin menipis dan percobaan umpan silang akrobatik Leon Goretzka gagal dijangkau Havertz pada menit pertama injury time, sebelum peluit tanda laga usai berbunyi memastikan langkah Inggris ke perempatfinal.

Sementara tim besutan Gareth Southgate menanti lawannya antara Swedia atau Ukraina, Jerman pulang dan laga perpisahan mereka dengan pelatih Joachim Low berakhir dengan relatif mengecewakan.

Susunan Pemain:

Inggris XI (3-4-3): Pickford; Walker, Stones, Maguire; Trippier, Phillips, Rice, Shaw; Saka, Kane, Sterling.

Pelatih: Gareth Southgate (Inggris)

Jerman XI (3-4-2-1): Neuer; Ginter, Hummels, Rudiger; Kimmich, Kroos, Goretzka, Gosens; Havertz, Muller; Werner.

Pelatih: Joachim Low (Jerman)

Komentar