alexametrics

Lewati Jerman, Timnas Inggris Kini Kandidat Terkuat Juara Euro 2020

Rully Fauzi
Lewati Jerman, Timnas Inggris Kini Kandidat Terkuat Juara Euro 2020
Penyerang Timnas Inggris, Harry Kane (kiri) usai mencetak gol ke gawang Jerman pada laga 16 besar Euro 2020 di Wembley, London, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB. [JOHN SIBLEY / POOL / AFP]

Ini merupakan pandangan dari Jurgen Klinsmann, yang notabene mantan pemain Timnas Jerman.

Suara.com - Timnas Inggris disebut sebagai calon terkuat juara Euro 2020, usai menyingkirkan Timnas Jerman di babak 16 besar Euro 2020 dengan skor 2-0 pada laga yang dihelat di Wembley, London, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB.

Itu merupakan pandangan dari Jurgen Klinsmann, yang notabene mantan pemain Jerman. Klinsmann melihat betul kualitas Inggris saat mengalahkan negaranya.

"Sangat pantas dari Inggris (untuk lolos ke perempatfinal Euro 2020), mereka percaya dan mendominasi babak kedua. Jerman memiliki dua atau tiga peluang besar, tetapi mereka tidak memanfaatkannya," buka Klinsmann seperti dikutip dari Metro, Rabu (30/6/2021).

"Inggris memanfaatkan peluang mereka dengan sangat baik, sangat efisien. Malam yang fantastis untuk Three Lions," sambung mantan penyerang Tottenham Hotspur yang kini aktif sebagai pelatih itu.

Baca Juga: Banjir Kritik Pasca Gagal di Euro 2020, Zlatko Dalic Masih Ingin Lanjut Latih Kroasia

Pelatih timnas AS Jurgen Klinsmann. (Shutterstock)
Jurgen Klinsmann. (Shutterstock)

"Ini merupakan momen Inggris. Anda harus menyadari, Anda lolos ke perempatfinal dan mereka bisa memainkan laga semifinal dan juga final di sini (Wembley)."

"Ini tidak akan menjadi jalan yang mudah menuju final, namun itu bisa dilakukan. Mereka punya kualitas, itu sudah jelas. Inggris telah menunjukkan kepercayaan diri."

"Harry Kane juga sudah pecah telur, mencetak gol pertamanya di Euro 2020. Energi di tim ini sekarang tinggi. Jadi, Anda harus memanfaatkan momentum ini dan memenangkan trofi. Saya pikir mereka kini adalah favorit terkuat juara Euro 2020," tukas Klinsmann.

Dalam laga di Wembley, Timnas Inggris memang tampil apik sejak menit awal. Beberapa kali Inggris mampu memberikan ancaman ke lini pertahanan Jerman.

Akan tetapi, rapatnya lini pertahanan Jerman membuat sejumlah kans yang didapat Inggris masih gagal membuahkan gol. Kedudukan 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga: Andil Besar Declan Rice dan Kalvin Phillips dalam Kemenangan Inggris atas Jerman

Masuk paruh kedua, Inggris semakin gencar memberikan tekanan demi tekanan ke lini pertahanan Jerman.

Alhasil, Inggris akhirnya mampu membuka keunggulan ketika laga berjalan 75 menit via aksi Raheem Sterling.

Berjarak 11 menit, Inggris berhasil memperbesar keunggulan mereka atas Jerman. Kini giliran Harry Kane yang mencatatkan namanya di papan skor, setelah sontekannya meluncur deras ke gawang Jerman.

Ini merupakan gol pertama Kane untuk Inggris di Euro 2020, setelah sebelumnya tampil buruk dan majal dalam tiga laga di fase grup.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit, tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Inggris berhasil menyelesaikan pertandingan dengan dua gol tanpa balas.

Komentar