alexametrics

5 Stadion Tertinggi di Dunia, Nomor 1 Bikin Lionel Messi Muntah

Rauhanda Riyantama
5 Stadion Tertinggi di Dunia, Nomor 1 Bikin Lionel Messi Muntah
Lionel Messi saat bermain di Stadion Hernando Siles, markas Timnas Bolivia. (JUAN KARITA / POOL / AFP)

Stadion tertinggi di dunia ada di ketinggian 4.380 mdpl.

Suara.com - Stadion yang berada di ketinggian menjadi tantangan tersendiri bagi pesepak bola. Pasalnya, tekanan udara yang semakin tipis karena ketinggian daratan tempat stadion itu dibangun bisa sangat memengaruhi performa pemain.

Stadion idelanya dibangun dan terletak di dataran rendah yang keadaannya disekitarnya kaya akan kandungan oksigen. Namun, karena kondisi alam di beberapa negara, stadion sepak bola harus dibangun pada ketinggian di atas rata-rata.

Kondisi ini membuat kandungan oksigen di sekitar stadion akan menjadi menipis, bahkan pernah membuat seorang Lionel Messi muntah-muntah. Lantas, stadion mana saja di dunia yang merupakan stadion tertinggi di dunia?

1. Stadion Hernando Siles

Baca Juga: Kakek Usia 100 Tahun Viral Gegara Telaten Mencatat 700 Gol Lionel Messi

Stadion Hernando Siles, markas Timnas Bolivia. (AIZAR RALDES / AFP)
Stadion Hernando Siles, markas Timnas Bolivia. (AIZAR RALDES / AFP)

Markas dari Timnas Bolivia ini bahkan disebut sebagai neraka bagi tim tamu yang bertandingan di sana. Arena berkapasitas 41.143 penonton itu berada di ketinggian 3.637 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga temperatur di sana tidak ramah bagi para pendatang.

Beberapa pemain bintang bahkan sempat kewalahan ketika harus bertanding di salah satu stadion tertinggi di dunia tersebut. Di antaranya Neymar bersama Brasil, bahkan Lionel Messi sempat muntah-muntah di Stadion Hernando Siles. Demikian halnya dengan Angel Di Maria yang juga menggunakan oksiden tambahan saat jeda babak pertama.

2. Stadion Olimpico Atahualpa

Stadion Olimpico Atahualpa, markas Timnas Ekuador. (RODRIGO BUENDIA / AFP)
Stadion Olimpico Atahualpa, markas Timnas Ekuador. (RODRIGO BUENDIA / AFP)

Di stadion ini, Timnas Ekuador sempat sukses mengalahkan Brasil dan Argentina masing-masing dua kali. Stadion berkapasitas 35.742 penonton itu terletak di ketinggian 2.762 mdpl.

Selain menjadi markas Bolivia, salah satu stadion tertinggi di dunia tersebut merupakan kandang dari kesebelasan Deportivo Quito, El Nacional, dan Universidad Catolic.

Baca Juga: Resmi Diperkenalkan Barcelona, Memphis Depay Tak Sabar Bermain dengan Lionel Messi

3. Stadion Olimpico Patria

Komentar