alexametrics

Sepakbola Olimpiade Tokyo: Tuan Rumah Jepang Permak Prancis 4-0

Rully Fauzi
Sepakbola Olimpiade Tokyo: Tuan Rumah Jepang Permak Prancis 4-0
Penyerang Prancis, Andre-Pierre Gignac (kiri) berduel udara dengan pemain Jepang, Hiroki Sakai pada laga Grup A cabang olahraga sepakbola putra Olimpiade Tokyo di Yokohama International Stadium, Jepang, Rabu (28/7/2021) malam WIB. [Mariko ISHIZUKA / AFP]

Prancis pun harus tersingkir di fase grup, sementara Jepang melenggang ke perempatfinal.

Suara.com - Tim tuan rumah Jepang mempermalukan Prancis dengan skor telak 4-0 pada laga pamungkas Grup A cabang olahraga sepakbola putra Olimpiade Tokyo di Yokohama International Stadium, Jepang, Rabu (28/7/2021) malam WIB.

Dengan hasil ini, Timnas Jepang U-23 pun berhak melaju ke babak selanjutnya dan membuka lebar-lebar kans menyabet emas. Sementara itu, Prancis U-23 yang diperkuat penyerang veteran Andre-Pierre Gignac harus tersingkir di babak penyisihan.

Jepang lolos ke perempatfinal Olimpiade 2020 Tokyo sebagai juara Grup A dengan poin sempurna sembilan dari tiga laga.

Sementara itu, Prancis tersisih lantaran hanya finis ketiga di Grup A dengan tiga poin dari tiga pertandingan, di bawah Meksiko yang berhak melaju sebagai runner-up (enam poin).

Baca Juga: Menang Dramatis, Jonatan Christie Melaju ke 16 Besar Olimpiade Tokyo

Di Yokohama International Stadium yang juga dikenal dengan nama Nissan Stadium, penyerang Real Madrid, Takefusa Kubo berhasil membuka keunggulan Jepang atas Prancis pada menit ke-27.

Penyerang Jepang, Takefusa Kubo melakukan selebrasi usai menjebol gawang Prancis di Yokohama International Stadium, Jepang, Rabu (28/7/2021) malam WIB. [Mariko ISHIZUKA / AFP]
Penyerang Jepang, Takefusa Kubo melakukan selebrasi usai menjebol gawang Prancis di Yokohama International Stadium, Jepang, Rabu (28/7/2021) malam WIB. [Mariko ISHIZUKA / AFP]

Kubo berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut di jantung pertahanan Prancis.

Berselang tujuh menit dari gol Kubo, Jepang kian menjadi-jadi setelah Hiroki Sakai membobol gawang Prancis lewat tendangan dari jarak dekat.

Masuk babak kedua, Jepang tak mengendurkan serangan meski sudah unggul 2-0.

Di menit ke-70, tim asuhan pelatih Hajime Moriyasu memperlebar keunggulan mereka jadi 3-0, setelah Koji Miyoshi mencetak gol lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Baca Juga: Rebut Perunggu, Lifter Rahmat Erwin Abdullah Tambah Perbendaharaan Medali Indonesia

Prancissendiri setelah itu harus bermain dengan 10 pemain, karena Kolo Muani mendapatkan kartu merah langsung pada menit ke-74.

Komentar