alexametrics

Kembo Ekoko, Kakak Kylian Mbappe yang Jarang Disorot Meski Sempat Bela Timnas Prancis

Rauhanda Riyantama
Kembo Ekoko, Kakak Kylian Mbappe yang Jarang Disorot Meski Sempat Bela Timnas Prancis
Kakak Kylian Mbappe, Kembo Ekoko saat bermain untuk Rennes. (DAMIEN MEYER / AFP)

Karier Kembo Ekoko tak secemerlang Kylian Mbappe

Suara.com - Publik tak banyak yang mengetahui bahwa bintang muda Prancis dan Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, memiliki kakak. Saudara Mbappe itu bernama Jires Kembo Ekoko.

Ekoko lahir pada Januari 1988, terpaut 10 tahun dengan Mbappe. Namanya memang asing terdengar karena kariernya sebagai pesepak bola tak secemerlang Mbappe.

Meski berstatus sebagai kakak, keduanya tak memiliki wajah yang mirip karena Ekoko bukan kakak kandung Mbappe. Ia diadopsi oleh orang tua Mbappe sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

Kembo Ekoko yang besar di Kongo Afrika, dikirim oleh ibu kandungnya ke Prancis untuk mendapatkan pendidikan lebih baik. Di Prancis, Ekoko dititipkan kepada keluarga Mbappe dan sejak saat itu diangkat menjadi angkat.

Baca Juga: Mengenal Suporter Legendaris Timnas Prancis dan Ayam Kesayangannya

Keluarga Mbappe sendiri merupakan keluarga atlet. Ayahnya, Wilfried, adalah seorang pelatih sepak bola yang lahir di Kamerun. Sementara ibunya, Fayza Lamari, adalah mantan atlet bola tangan berdarah Aljazair.

Ekoko kebetulan menyukai sepak bola dan mulai bermain di jalanan, kemudian ayah Mbappe mulai melatihnya bersama dengan Mbappe. Ekoko akhirnya bergabung dengan tim junior AS Bondy pada 1997 ketika usianya 9 tahun.

Setelah empat tahun berlatih di sana, Ekoko kemudian pindah ke tim junior ke Clairefontaine. Berlatih selama 3 tahun di sana, Ekoko pindah ke Rennes pada 2004.

Kembo Ekoko bersama Kylian Mbappe dan Ethan Mbappe. (Instagram/jires_kembo)
Kembo Ekoko bersama Kylian Mbappe dan Ethan Mbappe. (Instagram/jires_kembo)

Ekoko memulai kariernya di Rennes di tim junior, dia menunjukkan penampilan apik sehingga sempat dijuluki 'Kembinho' oleh rekan-rekan timnya. Pada 2006, Ekoko kemudian masuk ke tim utama Rennes.

Perjalanan karier Ekoko di Rennes tak berjalan dengan mulus. Dia jarang mendapatkan tempat di tim utama, namun ketika tim-tim lain mengajukan penawaran untuknya ditolak oleh Rennes.

Baca Juga: PSG vs Sevilla Berakhir Imbang, Pochettino Alihkan Fokus ke Trophe des Champions

Setelah 6 musim bertahan di Rennes, Ekoko akhirnya hengkang dari klub yang bermarkas di Roazhon Park tersebut. Transfermarkt mencatat bahwa Kembo Ekoko tampil 141 kali bersama Rennes di semua ajang dengan menorehkan 22 gol dan 10 assist.

Komentar