alexametrics

Klub Negara Termiskin Eropa di Ambang Lolos Fase Grup Liga Champions

Arief Apriadi
Klub Negara Termiskin Eropa di Ambang Lolos Fase Grup Liga Champions
Bola resmi untuk babak fase grup Liga Champions 2019/2020. [UEFA.com]

Sheriff Tiraspol tinggal selangkah lagi tampil di fase grup Liga Champions setelah menang atas Dinamo Zagreb di leg pertama playoff kualifikasi.

Suara.com - Sheriff Tiraspol di ambang catatan bersejarah sebagai klub Moldova pertama yang bisa tampil di fase grup Liga Champions. Hal itu setelah mereka menang atas Dinamo Zagreb dalam leg pertama playoff kualifikasi.

Menjamu Dinamo di Bolshaya Sportivnaya Arena, Rabu (18/8/2021) dini hari WIB, Sheriff menang meyakinkan 3-0 atas jawara Kroasia tersebut berkat dwigol Adama Traore dan satu gol dari Dimitris Kolovos.

Hasil itu membuat Sheriff Tiraspol hanya tinggal selangkah lagi untuk mencetak sejarah sebagai klub Moldova pertama yang bermain di fase grup Liga Champions.

Sebelum mencapai titik ini, Sheriff Tiraspol sudah 19 kali mencoba peruntungan lolos ke fase grup Liga Champions, tetapi tidak pernah berhasil.

Baca Juga: Beban Berat Julian Nagelsmann di Musim Perdana, Bayern Munich Ditargetkan Juara

Pencapaian terbaik mereka sebelum ini adalah melaju sampai babak playoff kualifikasi pada 2009/2010. Namun saat itu, harapan mereka lolos ke fase grup sirna di tangan Olympiakos. Dalam dua leg, mereka kalah 0-1 dan 0-2.

Menyitat laman Wolrd Population Review, Moldova adalah negara termiskin di Eropa pada 2021. Produk Domestik Bruto (PDB) --indikator perkembangan ekonomi suatu negara-- Moldova per kapita hanya 2,28 dollar atau sekitar Rp32 ribu.

Merujuk laman Transfermarkt, Sheriff Tiraspol sendiri tak memiliki skuad yang mewah. Total market value tim yang dalam enam musim terakhir jadi jawara Liga Moldova itu hanya sekitar 11 juta euro atau Rp185 miliar rupiah.

Angka itu begitu kecil jika dibandingkan dengan kemewahan salah satu klub terbaik di dunia saat ini, Paris Saint-Germain (PSG).

Tim asal Ligue 1 Prancis itu memiliki total market value sebesar 1 miliar euro atau Rp17 triliun rupiah. Jika dibandingkan, total market value Sherrif Tiraspol hanya 1 persen dari PSG.

Baca Juga: Lionel Messi dan Hasrat Besar PSG Rengkuh Trofi Liga Champions Pertama

Jalannya pertandingan

Komentar