alexametrics

Portugal Gilas Azerbaijan 3-0, Fernando Santos: Harusnya Bisa Lebih Telak Lagi

Rully Fauzi
Portugal Gilas Azerbaijan 3-0, Fernando Santos: Harusnya Bisa Lebih Telak Lagi
Ekspresi gelandang serang Timnas Portugal, Bruno Fernandes pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa kontra Azerbaijan di Baku Olympic Stadium, Rabu (8/9/2021) dini hari WIB. [Tofik BABAYEV / AFP]

Portugal menang telak di Baku Olympic Stadium meski tampil tanpa Cristiano Ronaldo.

Suara.com - Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos menilai anak-anak asuhnya seharusnya bisa menang lebih telak lagi atas tuan rumah Azerbaijan. Portugal menang besar 3-0 dalam laga matchday 6 Grup A kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Baku Olympic Stadium, Rabu dini hari WIB.

"Kami tahu ini akan menjadi laga yang menguji kesabaran, melawan tim yang bisa bertahan dengan baik," kata Santos seperti dilansir laman resmi Federasi Sepakbola Portugal, FPF.

Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos. [Tofik BABAYEV / AFP]
Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos. [Tofik BABAYEV / AFP]

"Bila kami bisa mencetak gol lebih cepat, kami bisa memaksa mereka berubah. Hal itu baru terjadi setelah kedudukan 2-0," ujarnya menambahkan.

Tampil tanpa Cristiano Ronaldo yang absen karena akumulasi kartu kuning, Bernardo Silva membuka keunggulan Portugal pada menit ke-26 memanfaatkan assist Bruno Fernandes, yang segera digandakan oleh Andre Silva lima menit kemudian.

Baca Juga: Setara Michel Platini di Timnas Prancis, Antoine Griezmann: Ini Kehormatan Besar

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum, dan Portugal yang tampil begitu dominan meski tampil tandang melengkapi kemenangan jadi 3-0 melalui gol Diogo Jota pada menit ke-75.

"Kami tampil bagus, dengan keseimbangan hampir di sepanjang laga, selalu memburu gol baik dari tengah maupun kedua sisi sayap," tutur Fernando Santos.

"Ini hasil yang minim dari apa yang kami tampilkan sepanjang laga. Hasil logis seharusnya 4-0 atau 5-0. Ya, seharusnya kami bisa menang lebih telak lagi," tukas pelatih berusia 66 tahun itu.

Statistik laman resmi UEFA mencatat selain mendominasi 67 persen penguasaan bola sepanjang laga, Portugal juga melepaskan tak kurang dari 22 percobaan tembakan, yang tujuh di antaranya menemui sasaran.

Hasil ini sendiri membuat Portugal mengambil alih posisi puncak klasemen sementara Grup A dengan raihan 13 poin dari lima pertandingan, melewati Serbia (11 poin dari lima laga) yang di laga lainnya hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Republik Irlandia.

Baca Juga: Belanda Gilas Turki 6-1, Berikut Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Tadi Malam

Bulan depan, Portugal hanya akan memainkan satu pertandingan dalam jendela kualifikasi Piala Dunia 2022, yakni menjamu Luksemburg di Estadio Algarve, pada 13 Oktober.

Komentar