alexametrics

Cerita Eks Wasit Liga Inggris Lempar Muka Mourinho Pakai Sepatu karena Kerap Protes

Rauhanda Riyantama | Arif Budi
Cerita Eks Wasit Liga Inggris Lempar Muka Mourinho Pakai Sepatu karena Kerap Protes
Eks wasit Liga Inggris, Mark Clattenburg. (OLI SCARFF / AFP)

Momen itu terjadi saat Mourinho masih melatih Manchester united pada 2017.

Suara.com - Mantan wasit Liga Inggris, Mark Clattenburg, mengungkapkan pengalaman buruk ketika berhadapan dengan sosok Jose Mourinho. Ia dibuat kesal hingga melempar muka Mourinho pakai sepatu.

Momen ini terjadi pada 2017 saat Jose Mourinho masih melatih Manchester United. Mark Clattenburg menjadi wasit laga Manchester United vs Stoke City yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

Melalui kolom di situs Dailymail, Clattenburg kemudian menuliskan momen yang membuat masa-masa akhirnya sebagai wasit berakhir dengan catatan buruk. Clattenburg mengaku emosi kepada Mourinho yang banyak melayangkan protes.

"Tak ama usai pertandingan berakhir, ada yang mengetuk pintu di ruang ganti saya dan itu manajer United Jose Mourinho masuk. Saya baru saja melepaskan sepatu," tulis Clattenburg.

Baca Juga: Newcastle United Yakin Bisa Lepas dari Ancaman Degradasi

"Kamu pasti senang kali ini, kataku. Kamu tidak bisa menyalahkanku atas hasil imbang itu, bukan? 'Aku bisa' katanya (Mourinho)," lanjutnya.

Mourinho pun kemudian yakin bahwa dalam pertandingan itu, bek Stoke City bernama Ryan Shawcross melakukan handball di kotak penalti. Di sisi lain, Clattenburg melihat bahwa dia telah mengambil keputusan tepat.

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho. [CLIVE BRUNSKILL / POOL / AFP]
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho. [CLIVE BRUNSKILL / POOL / AFP]

Apalagi pasca-laga, Clattenburg telah meninjau ulang video dan meyakini keputusannya tepat, tapi Mourinho masih saja tak terima. Mourinho dan Clattenburg terlibat perdebatan sengit.

Pada akhirnya emosi Clattenburg tak bisa ditahan. Dia kemudian melemparkan sepatu ke arah Mourinho karena terpancing emosi.

"Saya mengambil sepatu dan melemparkan ke dindin di sebalahnya. 'Keluar dari ruanganku. Keluar!'. Mourinho membeku. Saya kalah dengannya, saya tidak peduli lagi. Dia tidak tahu harus berkata apa. Saya sangat muak dengan semua permainan pikirannya yang konyol," ungkap Clattenburg.

Baca Juga: David Moyes: West Ham Gagal Boyong Jesse Lingard karena Ole Gunnar Solskjaer

Terlepas dari itu, karier Mourinho di Manchester United sendiri antiklimaks. Dia dipecat pada Desember 2018 yang kemudian digantikan oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Mourinho sempat melatih kembali tim Liga Inggris, Tottenham Hotspur. Namun, lagi-lagi dia didepak karena performa tim tak kunjung membaik.

Kini Jose Mourinho kembali berlabuh ke Italia. Pelatih asal Portugal itu menangani AS Roma dan sejauh ini performa tim asuhannya sedang onfire dan memuncaki klasemen Serie A Italia 2021/2022.

Komentar