alexametrics

Ronald Koeman di Ambang Pemecatan, Louis van Gaal Hujat Barcelona

Rully Fauzi
Ronald Koeman di Ambang Pemecatan, Louis van Gaal Hujat Barcelona
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. [Oli SCARFF / AFP]

Van Gaal sendiri pernah merasakan langsung bagaimana sakitnya didepak Barcelona. Bahkan tak hanya sekali, namun dua kali.

Suara.com - Pelatih kawakan asal Belanda, Louis van Gaal turut mengomentari situasi kompatriotnya, Ronald Koeman yang di ambang pemecatan bersama Barcelona saat ini. Van Gaal mengkritik habis Barca, dengan menyebut klub Katalan itu bisanya cuma "menyalahkan pelatih asing" saat performa tim sedang memble.

Van Gaal (70) yang kini telah balik membesut Timnas Belanda, pernah merasakan langsung bagaimana sakitnya dipecat Barcelona. Bahkan tak hanya sekali, namun dua kali.

Usai mempersembahkan dua trofi LaLiga alias Liga Spanyol untuk Barcelona, Van Gaal didepak pada Mei 2000 silam setelah Blaugrana nirgelar pada musim 1999/2000.

Dan yang kedua, pada periode keduanya melatih Barca, Van Gaal dipecat pada pertengahan musim 2002/2003 meski baru comeback melatih klub setengah tahun, setelah Blaugrana tampil berantakan, bahkan hampir mendekati zona degradasi.

Baca Juga: Bantah Rumor Latih Barcelona, Roberto Martinez Setia Bersama Timnas Belgia

Maju ke masa sekarang, pelatih asal Belanda lainnya, Ronald Koeman tengah mengalami masa-masa yang sangat sulit di Barcelona, usai memetik serangkaian hasil minor di awal musim 2021/2022 ini, termasuk kekalahan 0-3 beruntun di dua laga awal Liga Champions.

Koeman diyakini hanya tinggal menunggu waktu saja untuk dipecat Barcelona. Situasi sang kompatriot ini pun dikomentari Van Gaal.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman menyaksikan timnya berlaga menghadapi Villarreal di ajang La Liga yang digelar di La Ceramica, 25 April 2021. [AFP]
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. [AFP]

Menurutnya, Blaugrana cenderung menjadikan orang asing untuk dikambing hitamkan ketika keadaan klub tidak baik.

"Sejarah telah terulang," koar Van Gaal seperti dikutip dari Football Oranje, Senin (11/10/2021).

"Ini adalah hal-hal yang pasti dan selalu menjadi ciri khas di Barcelona. Mereka suka mengkambing hitamkan orang asing, pelatih asing. Ini tipikal Barca," sambungnya.

Baca Juga: Prediksi Belanda vs Gibraltar: Louis van Gaal Ketagihan Menang

"Mereka seperti sentimen pada pelatih asing, mungkin khususnya orang Belanda, saya tidak tahu. Anehnya, mereka suka menggunakan servis pelatih asing, bukan pelatih lokal," ketus Van Gaal. 
 
"Ketika semuanya berjalan dengan baik dan Anda memberikan kontribusi penting, seperti apa yang dilakukan Frenkie de Jong (gelandang Barca asal Belanda) beberapa tahun terakhir, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan."

"Tetapi, ketika keadaan berjalan buruk, orang-orang di Barcelona selalu menyalahkan orang asing. Dalam hal ini adalah pelatihnya."

"Untuk Ronald Koeman, saya akan menyarankan dia untuk tidak terlalu memperhatikan itu semua. Namun, semua keputusan memang ada di manajemen klub," tukas mantan pelatih Ajax, Barcelona, Bayern Munich dan Manchester United itu.

Komentar