alexametrics

5 Owner Klub Terkaya di Premier League, Nggak Ada Bos Manchester United

Rully Fauzi
5 Owner Klub Terkaya di Premier League, Nggak Ada Bos Manchester United
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman yang baru saja mengakuisisi Newcastle United. [Bandar AL-JALOUD / Saudi Royal Palace / AFP]

The Magpies mendadak jadi klub tajir.

Suara.com - Premier League alias Liga Inggris makin menasbihkan diri jadi liga paling glamor di dunia. Parameternya bisa diukur dari jumlah kekayaan yang dimiliki oleh klub-klub Inggris tersebut, khususnya owner-nya.

Dengan dana segar yang berlimpah, banyak pemain-pemain berlabel bintang dengan harga selangit yang merumput di Premier League.

Kondisi ini membuat Premier League menjadi liga dengan market value tertinggi di Eropa, bahkan dunia. Lantas, siapa saja klub Liga Inggris paling kaya saat ini?

1. Wolves

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021

Wolverhampton Wanderers alias Wolves jadi salah satu klub terkaya di Premier League. 

Pemilik Wolves, Guo Guangchang, merupakan ketua grup perusahaan Fosun International Limited yang bergerak di bidang pertambangan, baja, asuransi, dan farmasi.

Dia sudah mengambil alih Wolves sejak 2016 dan kini tercatat punya kekayaan 5,2 miliar poundsterling.

2. Arsenal

Nama Stan Kroenke sudah tak asing lagi di bisnis industri olahraga. Dia sudah memiliki saham di Arsenal sejak 2007, kemudian mengambil alih The Gunners pada 2011.

Baca Juga: Alan Shearer, Legenda Newcastle yang Dua Kali Tolak Pinangan Manchester United

Pengusaha asal Amerika Serikat yang juga memiliki klub  Los Angeles Rams yang berlaga di NFL dan Denver Nuggets di NBA tersebut punya kekayaan 6,8 miliar pounds.

3. Chelsea

Nama Roman Abramovich bukan sosok baru di Liga Inggris. Dia sudah mengakuisisi Chelsea sejak 2003 silam dan menjadikan The Blues salah satu klub besar di Eropa dan dunia.

Sudah banyak pemain-pemain bintang yang didatangkan ke Stamford Bridge sejak Abramovich hadir. Kini, taipan asal Rusia itu punya kekayaan 10,5 miliar pounds.

4. Manchester City

Manchester City menjelma sebagai tim kuat di Inggris dan dunia sejak Sheikh Mansour mengakuisisi The Citizens pada 2008 silam. Dana berlimpah membikin City mampu membeli banyak pemain hebat dan membayar pelatih hebat.

Berbagai macam gelar domestik dari Premier League, Piala FA, hingga Piala Liga sudah diraih City sejak Mansour hadir. Kini Sheikh Mansour tercatat punya kekayaan 21 miliar pounds.

5. Newcastle United

Dalam satu malam, Newcastle langsung jadi klub paling kaya di Inggris dan dunia saat ini. Penyebabnya adalah proses akuisisi klub oleh pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), yang sudah resmi terjadi.

The Magpies resmi diakuisisi oleh Konsorsium Arab Saudi pada Kamis (7/10/2021). Konsorsium itu melibatkan Public Investment Fund atau Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi, PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara. Diketahui jumlah kekayaan Mohammed bin Salman sebagai Presiden PIF berjumlah 320 miliar poundsterling.

[Aditia Rizki]

Komentar