alexametrics

Kisah Klub Asal Mali yang Harus Menempuh Jarak 1300 Km demi Sebuah Pertandingan

Arief Apriadi
Kisah Klub Asal Mali yang Harus Menempuh Jarak 1300 Km demi Sebuah Pertandingan
Kisah Klub Asal Mali yang Harus Menempuh Jarak 1300 km demi Sebuah Pertandingan. [Tangkapan layar SportBible]

Minnows Binga FC yang merupakan klub dari Divisi Dua Liga Mali, punya cerita yang bikin haru.

Suara.com - Ini cerita soal salah satu klub asal Mali. Nama mereka adalah Minnows Binga FC. Familiar? Jelas tidak. Sebab, mereka bermain jauh dari level kompetisi yang kita kenal.

Tapi, Minnows yang merupakan klub dari Divisi Dua Liga Mali, punya cerita yang bikin haru. Mereka adalah juara Piala Mali dan lolos ke Piala Konfederasi Afrika (CAF).

Apa pasal?

Mengutip laporan Sportbible, Minnows adalah klub yang serba kekurangan dalam kondisi finansial. Salah satu yang bikin geleng-geleng adalah klub tak mampu membiayai akomodasi perjalanan.

Baca Juga: Hore! Stadion Pakansari Bogor Bisa Terima Penonton Liga Indonesia, Catat Syaratnya

Atas pencapaian mereka lolos ke Piala Konfederasi CAF, itu artinya mereka harus melakoni laga tandang ke sejumlah tim-tim di Afrika. Tapi, seperti yang disampaikan, mereka tak punya biaya.

Namun, pemain Minnows tak patah arang. Tak bisa menggunakan pesawat layaknya tim-tim sepak bola lainnya untuk awayday, mini bus pun jadi.

Dan tahukah Anda, lantaran mereka sudah mulai melakoni laga tandang, Minnows sudah melawat ke Burkina Faso dan Liberia. Dari dua tempat itu, para pemain serta ofisial sudah berjalan sejauh 1.300 km.

Tapi, usaha yang telah dilakukan tak sia-sia. Sebab, saat berjumpa MC Breweries (Liberia) dan ASFA-Yennenga (Burkina Faso), mereka pulang dengan poin penuh.

Oh, ya, sebelumnya, Minnows sempat kalah 0-1 di leg perdana dari Yennenga. Namun, saat melawat ke Burkina Faso itu, mereka menang dengan 7-6 lewat adu penalti.

Baca Juga: Putus Kontrak dari EA, FIFA Buka Peluang Kerja Sama Kembangkan Game Sepak Bola

Pertandingan di Piala Konfederasi Afrika masih belum usai. Ada sejumlah laga yang mesti Minnows jalani. Tapi, jika mampu mencetak hasil bagus, bukan tak mungkin nama mereka akan melambung.

Kontributor: Kusuma Alan

Komentar