alexametrics

Ciro Alves Hattrick, Tira Persikabo Habisi Persela Lamongan 4-2 di Stadion Sultan Agung

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Ciro Alves Hattrick, Tira Persikabo Habisi Persela Lamongan 4-2 di Stadion Sultan Agung
Penyerang andalan Tira Persikabo, Ciro Alves (kiri). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Kemenangan ini mengantar Tira Persikabo ke posisi 12 klasemen sementara BRI Liga 1.

Suara.com - Tira Persikabo berhasil mengamankan tiga poin usai mengalahkan Persela Lamongan, 4-2 di pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 yang digelar di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu (27/11/2021) sore WIB. Pemain Tira Persikabo asal Brasil, Ciro Alves mencetak hattrick dalam laga ini.

Kemenangan ini membuat debut Liestiadi sebagai pelatih Tira Persikabo berbuah positif. Sebelumnya, tim berjuluk Laskar Padjajaran itu sulit mendapat kemenangan dalam lima laga terakhir yang berujung pemecatan Igor Kriushenko.

Perolehan tiga poin ini juga membuat Tira Persikabo naik ke posisi 12 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan perolehan 15 poin dari 14 laga.

Sementara bagi Persela kekalahan ini membuat mereka terancam masuk zona degradasi. Kini, Laskar Joko Tingkir --julukan Persela-- berada di posisi 15 dengan 12 poin.

Baca Juga: Anak Asuh Shin Tae-yong Ngamuk, Kali Ini MMK Jadi Korban Keganasan Timnas Indonesia U-18

Persela hanya selisih dua poin dari Persik Kediri yang ada di posisi 16 atau peringkat teratas zona degradasi. Persik berpeluang menggeser posisi Persela andai bisa memenangi pertandingan berikutnya.

Kedua tim yang sama-sama ingin menjauh dari zona degradasi menampilkan permainan cepat sejak peluit dimulainya pertandingan dibunyikan. Tira Persikabo dan Persela tidak ragu untuk bertukar serangan.

Gol pembuka untuk Persela lahir pada menit ke-14. Ivan Carlos mencetak angka lewat sundulan indah usai menerima umpan Malik Risaldi di menit ke-14.

Tira Persikabo baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-33. Manahati Lestusen membuat skor menjadi 1-1, berawal dari tendangan sudut yang menyebabkan kemelut di depan gawang Persela pada menit 33.

Tira Persikabo berbalik unggul pada menit ke-40. Pemain kunci mereka Ciro Alves mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan kesalahan pemain belakang Persela.

Baca Juga: Shin Tae-yong: Performa Pemain Timnas Indonesia Meningkat Jelang Piala AFF

Skor 2-1 untuk keunggulan Tira Persikabo bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persela lebih dominan dalam melakukan serangan. Terbukti mereka mampu menyeimbangkan papan skor menjadi 2-2 di menit ke-54.

Riyatno Abiyoso berhasil membobol gawang Tedi Heri Setiawan setelah memanfaatkan kesalahan passing Andy Setyo di lini pertahanan.

Ciro Alves mencetak gol keduanya pada menit ke-80. Berawal dari umpan terobosan, Ravi Murdianto yang berada jauh dari mulut gawang tak bisa berbuat banyak saat Ciro melepaskan tendangan ke gawang. Skor menjadi 3-2.

Memasuki menit ke-90 Ciro Alves kembali mencatatkan namanya di papan skor. Pemain asal Brasil itu menjebol gawang Persela melalui sudah sempit yang membuat skor menjadi 4-2.

Hattrick Ciro Alves sekaligus mengunci kemenangan Tira Persikabo.

Susunan Pemain:

Tira Persikabo (4-2-2): Tedi Heri Setiawan; Andy Setyo, Firza Andika, Gilang Nirasa, Shumeiko Veniamin; Manahati Lestusen, Guntur Triaji (andre Oktaviansyah 64'), Ciro Alves, Roni Sugeng (Izmy Hatuwe 90+4); Hendra Adi Bayauw (Ronaldo Wanma 63'), Dimas Drajad.

Pelatih: Leistiadi.

Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto (Ravi Murdianto 46'); Andri Muladi, Moch Zaenuri, Ahmad Bustomi, Jabar Sharza (Akbar Hermawan 46'); Malik Risaldi, Nasir (Sandy Ferizal 46'), Riyatno Abiyoso; Syahroni (Gian Zola 46'), Ahmad Birul Walidain, Ivan Carlos (Risqki Putra 74').

Pelatih: Iwan Setiawan.

Komentar