alexametrics

West Ham vs Chelsea: Tuchel Beri Kredit Khusus untuk Declan Rice

Arief Apriadi
West Ham vs Chelsea: Tuchel Beri Kredit Khusus untuk Declan Rice
Gelandang West Ham United, Declan Rice (tengah) merayakan gol bersama rekan-rekannya saat menghadapi Rapid Wien dalam matchday kedua Grup H Liga Europa, di London Stadium, Jumat (1/10/2021) dini hari WIB. Sam Mellish / AFP.

Sebelum bersinar bersama West Ham, Declan Rice merupakan gelandang jebolan Chelsea.

Suara.com - Setiap kali Chelsea bertanding kontra West Ham United dalam dua setengah tahun terakhir, nama Declan Rice selalu di sebut-sebut di tengah perseteruan dua klub asal London itu.

Hal itu salah satunya disebabkan oleh fakta bahwa Declan Rice merupakan gelandang jebolan Chelsea. Dia dilepas The Blues saat berusia 14 tahun.

Declan Rice kemudian mendapat tawaran dari West Ham dan sisanya adalah sejarah. Gelandang 22 tahun itu kini menjelma menjadi andalan The Hammers maupun timnas Inggris.

Saat dilatih Frank Lampard, Chelsea bahkan tertarik untuk memboyong kembali mantan anak didik mereka, meskipun West Ham dengan tegas menolak.

Baca Juga: Ubah Nasib Manchester United, Tugas Berat Menanti Ralf Rangnick di Old Trafford

Pelatih Chelsea saat ini, Thomas Tuchel mengatakan bahwa apa yang terjadi antara Chelsea dan Declan Rice adalah hal biasa dalam sepak bola. Banyak pemain datang dan pergi, bahkan sejak di level akademi.

“Yah, hal-hal ini terjadi dan saya tidak bisa mengomentari ini karena itu terjadi di setiap klub di dunia, bahwa terkadang pemain dilepaskan dalam satu saat dan mereka memiliki karier dengan cara yang berbeda, jadi ini adalah hal yang cukup normal,” kata Tuchel dikutip dari Football London, Sabtu (4/12/2021).

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. [GLYN KIRK / AFP]
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. [GLYN KIRK / AFP]

“Saya benar-benar sadar bahwa dia adalah 'bocah' Chelsea dan dia berasal dari akademi dan dia sangat dekat dengan orang-orang kami. Dia pemain yang sangat kuat."

Seolah tak ingin menyulut spekulasi transfer soal Rice, Thomas Tuchel menyampaikan kekagumannya terhadap gelandang 22 tahun itu sambil juga memberikan pujian kepada rekan setimnya, Tomas Soucek.

Gelandang Ceko itu tampil luar biasa untuk The Hammers sejak menjalani masa peminjaman enam bulan pada awal Januari 2020 untuk kemudian di permanenkan musim panas tahun ini.

Baca Juga: Prediksi West Ham vs Chelsea di Liga Inggris, 4 Desember 2021

Soucek mencetak sepuluh gol musim lalu saat The Hammers lolos ke Liga Europa dan dia telah membentuk kemitraan yang sangat mengesankan dengan Rice, beberapa orang mungkin mengatakan itu adalah poros lini tengah terbaik di papan atas.

Komentar