facebook

4 Transfer Unik di Sepak Bola Indonesia: Dibayar dengan Sebidang Tanah hingga Uang Rp100 Perak

Arief Apriadi
4 Transfer Unik di Sepak Bola Indonesia: Dibayar dengan Sebidang Tanah hingga Uang Rp100 Perak
Gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute. (dok. Persija Jakarta)

Berikut empat transfer unik di sepak bola Indonesia.

Suara.com - Unik, menarik dan berbeda dari kebanyakan kompetisi sepak bola ada di Indonesia dan salah satunya adalah transfer pemain hingga membuat penonton geleng-geleng kepala.

Di sepak bola Eropa, transfer pemain biasanya dihargai dengan biaya ratusan hingga miliaran rupiah tergantung kemampuan dan panjang kontrak pemain incaran. Hal yang sedikit berbeda terjadi di Indonesia.

Tak hanya menyasar para pemain, transfer yang juga menyasar sosok pelatih di Indonesia memiliki sejarah yang unik dan menarik untuk diketahui.

Berikut empat transfer unik yang terjadi di dunia sepak bola Indonesia yang bisa membuat orang geleng kepala saat mengetahuinya.

Baca Juga: Heboh Persekat Tegal dan PSS Sleman Sama-sama Klaim Pertahankan Striker Riki Dwi Saputro

1. Transfer Agu Casmir

Agu Casmir (kiri) dan Greg Nwokolo. [Antara]
Agu Casmir (kiri) dan Greg Nwokolo. [Antara]

Di tahun 2006, Persija Jakarta pernah memiliki seorang pemain asing asal Singapura yang moncer di ajang Piala AFF, dialah Agu Casmir.

Namun begitu, Agu Casmir dikabarkan kabur dengan membawa uang muka dari Persija Jakarta senilai Rp186 juta dan membuat heboh dunia sepak bola Tanah Air.

Meskipun pada akhirnya konflik kedua kubu ini berakhir damai setelah Agu Casmir mengembalikan uang muka yang sempat dibawanya kabur.

Empat tahun setelahnya, Agu akhirnya berseragam Macan Kemayoran di Liga Indonesia 2010-2011 dengan mencatatkan sembilan gol dari 21 penampilan.

Baca Juga: Kans Harry Kane ke Manchester City Belum Sepenuhnya Tertutup Meski Guardiola Inginkan Haaland

2. Transfer Bambang Nurdiansyah

Komentar