facebook

Profil Yahya Ali Almulla, Wasit yang Hujani Timnas Indonesia dengan Kartu Merah

Arief Apriadi
Profil Yahya Ali Almulla, Wasit yang Hujani Timnas Indonesia dengan Kartu Merah
Wasit Yahya Ali Almulla memberi kartu merah untuk Firza Andika. Foto: Tangkapan Layar Youtube MNCTV Official

Total empat kartu merah dikeluarkan Yahya Ali Almulla dalam laga Indonesia vs Thailand.

Suara.com - Di balik kekalahan timnas Indonesia U-23 dari Thailand pada semifinal SEA Games 2021, ada sosok Yahya Ali Almulla selaku wasit yang pemimpin laga. Dia jadi sorotan karena memberikan tiga kartu merah untuk skuad Garuda Muda.

Total empat kartu merah dikeluarkan Yahya Ali Almulla dalam laga tersebut. Tiga di antaranya untuk pemain timnas Indonesia U-23.

Momen ini mewarnai kekalahan timnas Indonesia U-23 dari Thailand dalam laga yang digelar pada Kamis (19/5/2022) di Stadion Thien Truong, Nam Dinh.

Timnas Indonesia U-23 dipaksa mengakui keunggulan Thailand di babak perpanjangan waktu dengan skor akhir 0-1. Tim asuhan Shin Tae-yong pun gagal menggapai target medali emas.

Baca Juga: Dalih Alexandre Polking yang Ikut Kena Kartu Kuning di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Thailand

Terlepas dari hasil, Yahya Ali Almulla jadi sorotan karena enteng memberikan kartu. Satu untuk pemain Thailand, William Gabriel, sementara itu tiga lainnya untuk Ricky Kambuaya, Firza Andika dan Rachmat Irianto.

Wasit Timnas Indonesia U-23 vs Thailand, Yahya Ali Almulla. (saudigazette.com.sa)
Wasit Timnas Indonesia U-23 vs Thailand, Yahya Ali Almulla. (saudigazette.com.sa)

Firza Andika diusir dari lapangan usai melanggar pemain Thailand yang berkesempatan mencetak gol, sementara Ricky dan Rahmat karena protes berlebihan.

Tak pelak kepemimpinan wasit Yahya mendapat sorotan tajam. Media sosial menjadi alat mengkritik pria asal Uni Emirat Arab itu.

Meskipun berstatus salah satu wasit elite di Uni Emirat Arab, latar belakang Yahya sebenarnya merupakan wasit dengan lisensi kompetisi kontinental dan internasional.

Dilansir dari laman resmi Transfermarkt, Yahya sudah mencatatkan 51 memimpin pertandingan di semua kompetisi sejak 1984.

Baca Juga: Bulu Tangkis SEA Games 2021: Gregoria Mariska hingga Rinov/Pitha Melangkah ke Semifinal

Untuk kompetisi domestik khususnya di UEA Pro League, sebanyak 46 pertandingan dipimpin Yahya dan total kartu yang dikeluarkan mencapai 188 kartu kuning dengan 4 kartu merah.

Komentar