facebook

5 Fakta Menarik J League 2022: Dari Stadion, Jersey, hingga Legiun Asing

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
5 Fakta Menarik J League 2022: Dari Stadion, Jersey, hingga Legiun Asing
Gelaran J1 League alias kompetisi kasta tertinggi Liga Jepang (dok. J League).

Berikut fakta menarik dan unik J League 2022.

Suara.com - J League atau J1 League 2022 merupakan kompetisi kasta tertinggi Liga Jepang yang sudah dimulai sejak 18 Februari lalu dan dijadwalkan selesai pada 5 November mendatang.

Kompetisi Negeri Sakura ini ternyata memiliki sejumlah fakta-fakta unik dan menarik yang patut diketahui pecinta sepak bola.

Kompetisi yang diikuti 18 klub ini memiliki sisi unik dan menarik perihal jarak, stadion atau venue pertandingan, apparel/jersey, hingga perihal legiun asing.

1. Jarak

Baca Juga: Kashima Antlers, Tim J League Tersukses yang Berusaha Kembali ke Titik Tertinggi

Musim ini, 18 tim J1 League tersebar dari seluruh penjuru Jepang. Hokkaido Consadole Sapporo jadi tim yang berasal dari kawasan paling Utara, tepatnya dari Kota Sapporo di Pulau Hokkaido.

Sedangkan Sagan Tosu jadi tim paling Selatan, berasal dari Kota Tosu di Pulau Kyushu.

Laga Hokkaido Consadole Sapporo melawan Sagan Tosu juga jadi laga terjauh antara dua tim musim ini di J1 League, dengan kedua kota berjarak lebih dari 1.400 km.

Sedangkan laga terdekat mempertemukan Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale yang sama-sama berasal dari Prefektur Kanagawa. Kandang kedua tim hanya berjarak tak lebih dari 15 km saja.

2. Kepadatan

Baca Juga: Belum Juga Debut, Petinggi Tokyo Verdy Ungkap Kelemahan Pratama Arhan

Prefektur Kanagawa memang jadi daerah terpadat soal tim J1 League musim 2022. Musim ini, ada tiga tim yang berasal dari Kanagawa. Selain Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale, ada pula Shonan Bellmare.

Komentar