facebook

Hati-hati Buat Suporter, Pelaku Pembakaran Flare Bisa Diidentifikasi dan Dijatuhi Sanksi

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Hati-hati Buat Suporter, Pelaku Pembakaran Flare Bisa Diidentifikasi dan Dijatuhi Sanksi
Suporter menyalakan flare, saat Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) malam. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Pelaku pembakaran petasan dan flare di tribun penonton kini bisa diketahui.

Suara.com - Pelaku pembakaran petasan dan flare di tribun penonton kini bisa diketahui. Oleh sebab itu, Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI, Budiman Dalimunthe meminta untuk waspada.

Seperti diketahui, duel Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam dalam laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, di warnai pesta flare suporter. Insiden tersebut terjadi, Sabtu (2/7/2022).

Keberadaan flare di laga itu dikecam banyak pihak termasuk PSSI. Bahkan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyayangkannya karena mengganggu fokus pemain.

Budiman menjelaskan pelaku pembakaran flare saat itu sudah ditangkap. Meski tidak dijelaskan secara detail, ia mengaku bisa mengenali oknum pembakaran petasan dan flare untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga: Hadapi Timnas Indonesia U-19, Pelatih Thailand U-19 Waspadai Suporter Tuan Rumah

"Kami meminta komunitas untuk menjaga dan mengawasi. Di tribun selatan dan utara sudah ditangkap, mungkin di lain waktu bisa diidentifikasi," kata Budiman di Stadion Patriot, Senin (4/7/2022).

"Tiket beli kan pakai identitas, NIK segala macam, Itu gunanya tiket hanya boleh untuk 1 orang. Nanti seat number juga bakal ada," sambungnya.

Lebih lanjut, untuk oknum suporter yang membakar flare kemarin belum ditindak tegas. Mereka hanya diusir dari tribun penonton.

Namun, untuk berikutnya bukan tidak mungkin ada tindakan tegas yang dilakukan. Dalam waktu dekat, Budiman akan mencoba berkomunikasi dengan komunitas suporter agar kejadian serupa tidak terulang.

"Saya belum cek, pelaku yang kemarin baru sekadar ditangkap dan diusir. Berikutnya kami akan ketemu dengan teman komunitas akan kami kasih peringatan, atau hukuman," ujarnya.

Baca Juga: Draft Jadwal Liga 1 2022/2023: Juara Bertahan Bali United Tantang Persija di Partai Pembuka

"Kejadian berikutnya kami akan koordinasi dengan teman-teman pengamanan. Bisa diinformasikan juga ke semua tiket provider yang bekerja sama dengan PSSI atau sampai ke klub-klub juga."

Komentar