facebook

Atmosfer Suporter Indonesia di Piala AFF U-16 Luar Biasa, Wasit Asal Brunei Takjub

Arif Budi
Atmosfer Suporter Indonesia di Piala AFF U-16 Luar Biasa, Wasit Asal Brunei Takjub
Pemain Timnas Indonesia U-16 melakukan selebrasi seusai mengalahkan Timnas Myanmar U-16 saat laga semi final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (10/8/2022). Dalam pertandingan itu Indonesia mengalahkan Timnas Myanmar melalui adu penalti dengan skor 5:4 ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/foc.

Wasit Brunei mengatakan suporter di Indonesia jauh lebih ramai dibanding negaranya.

Suara.com - Wasit dari Brunei Darussalam, Abdul Hakim Mohd Haidi, mengaku takjub dengan atmosfer suporter Indonesia yang memberikan dukungan langsung di Stadion Maguwoharjo selama Piala AFF U-16 2022.

Abdul Hakim Mohd Haidi merupakan salah satu wasit yang bertugas di ajang Piala AFF U-16. Meski saat final tidak menjadi petugas di lapangan, ia hadir langsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Jumat (12/8/2022) lalu.

Wasit Brunei Darussalam ini terlihat menyaksikan pertandingan final antara timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16 dari tribun VVIP. Ia pun takjub dengan atmosfer yang diciptakan suporter di Stadion Maguwoharjo.

Hal itu wajar sebab di laga final Piala AFF U-16 2022 tiket terjual habis. Tercatat lebih dari 22 ribu penonton memadati markas PSS Sleman ini.

Baca Juga: Ayah Kafiatur Rizky Ternyata Eks Pesepak Bola, Pernah Main di Persikota dan Ikut Seleksi Timnas

"Atmosfer sangat-sangat luar biasa, penonton sangat ramai dan sekitar Jogja ini aman, santai tak terlalu pusing,' ucap Abdul Hakim Mohd Haidi saat ditemui setelah laga final selesai.

Wasit Abdul Hakim Mohd Haidi (kanan) senang pimpin laga di Indonesia. (Dok. FABD)
Wasit Abdul Hakim Mohd Haidi (kanan) senang pimpin laga di Indonesia. (Dok. FABD)

Lebih lanjut, ia menjelaskan antusias suporter di Indonesia ini sangat jauh dari Brunei. Di negara asalnya, Abdul Hakim Mohd Haidi menyebut penonton sepak bola tidak terlalu ramai seperti di Indonesia.

"Di Brunei jauh sekali bedanya (suporter) . Di brunei tidak terlalu ramai. Di sana sepak bola memang olahraga populer tapi suporter tidak seramai ini," imbuhnya.

Sementara itu, Abdul Hakim Mohd Haidi adalah wasit Brunei yang berlisensi FIFA sejak 2018 silam. Di negara asalnya hanya ada dau wasit yang punya lisensi FIFA, termasuk dirinya dan lima asisten wasit yang mengantongi lisensi tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16 2022, Thoriq Alkatiri Sebut 2 Pemain yang Potensial

Komentar