Hasil BRI Liga 1: Parade 6 Gol, Persija Hancurkan PSM dan Naik ke Puncak Klasemen

Rully Fauzi
Hasil BRI Liga 1: Parade 6 Gol, Persija Hancurkan PSM dan Naik ke Puncak Klasemen
Penyerang Persija Jakarta asal Bahrain, Abdulla Yusuf Helal. [Instagram/@persija]

Persaingan papan atas klasemen BRI Liga 1 2022/2023 kian panas dengan kemenangan 4-2 Persija Jakarta ini.

Suara.com - Persija Jakarta menghancurkan tamunya, PSM Makassar dengan skor cukup telak 4-2 dalam big match pekan ke-20 BRI Liga 1 di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (25/1/2023) sore. Duo striker Persija, Abdulla Yusuf Helal dan Aji Kusuma sama-sama menyumbang dua gol untuk Persija di laga ini.

Sementara dari kubu PSM, gol Everton dan Rasyid Bakri tak cukup untuk pemuncak klasemen sementara Liga 1 itu menghindari kekalahan dari laga tandang ini.

Dengan kemenangan ini, Persija pun naik ke pucuk klasemen menggeser PSM. Kedua tim sama-sama mengoleksi 38 poin dari 20 laga, namun Persija unggul head-to-head meski PSM lebih baik dalam aspek selisih gol.

Di Stadion Patriot, Persija membuka keunggulan pada menit ke-21. Abdulla Yusuf Helal mencocor bola cutback kiriman dari Riko Simanjuntak dari sebelah kanan.

Baca Juga: Persis Kalahkan Madura United, Leonardo Medina: Kami Kerja Keras untuk Bisa Menang

Persija lantas menggandakan keunggulan pada menit ke-36. Aji Kusuma melakukan aksi top dengan melewati kiper PSM, Muhammad Reza Pratama. Sepakan kaki kiri striker 23 tahun yang baru didatangkan dari klub Liga 2, Persiba Bantul itu bersarang ke gawang PSM.

Persija menambah gol lagi pada menit ke-54. Menerima sebuah umpan terobosan, Aji Kusuma lolos dari jebakan offside. Dengan tenang, dia menjaringkan bola untuk membawa Persija unggul 3-0.

PSM sendiri mampu membalas pada menit ke-68. Umpan tarik Ramadhan Sanantha diselesaikan oleh legiun asing, Everton dengan tumit. Backhell cantik ini sukses menaklukkan kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

Pada menit ke-82, Persija kembali unggul dengan skor 4-1 setelah Yusuf mencetak gol keduanya di laga ini. Sepakan keras kaki kanan striker Bahrain ini melesat ke pojok kanan atas gawang PSM.

PSM sendiri mampu memperkecil kedudukan pada injury time. Memanfaatkan blunder pemain belakang tuan rumah, Rasyid Bakrie menceploskan bola dari jarak dekat. Skor akhir laga ini 4-2.

Baca Juga: Wow! Pekan ke-22, Tiga Pelatih Eropa Berada di 3 Besar Klasemen BRI Liga 1

Susunan Pemain:

Persija Jakarta XI (5-2-3): Andritany Ardhiyasa; Firza Andika, Hansamu Yama, Ondrej Kudela, Muhammad Ferrari, Nico; Hanif Sjahbandi, Reski Fandy; Riko Simanjuntak, Abdulla Yusuf Helal, Aji Kusuma.

Pelatih: Thomas Doll (Jerman)

PSM Makassar XI (4-3-3): Reza Arya Pratama; Rizkyu Eka Pratama, Agung Mannan, Yuran Lopez, Yance Sayuri; Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim; Kenzo Nambu, Everton, Yakob Sayuri

Pelatih: Bernardo Tavares (Portugal)