3 Kiper yang Layak Gantikan Nadeo Argawinata di Timnas Indonesia

Rully Fauzi
3 Kiper yang Layak Gantikan Nadeo Argawinata di Timnas Indonesia
Kiper Persib Bandung, Teja Paku Alam. [ANTARA/HO-Persib.co.id]

Tiga kiper ini bisa jadi opsi berikutnya di Timnas Indonesia senior.

Suara.com - Pemanggilan kiper Bali United, Nadeo Argawinata ke Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Maret ini mengundang kontroversi. Kualitasnya di BRI Liga 1 musim ini dinilai tak mencerminkan kelayakannya.

Performa Nadeo bersama Bali United di musim ini membuatnya dirasa tak layak menyandang status kiper utama Timnas Indonesia senior di FIFA Matchday nanti.

Sejak awal tahun 2023, Bali United tak pernah memetik kemenangan atas lawan saat Nadeo dipercaya sebagai penjaga gawang.

Justru hasil saat Nadeo absen dalam lima pertandingan, Serdadu Tridatu --julukan Bali United-- berhasil memetik tiga kali kemenangan dan sekali seri serta sekali kalah.

Baca Juga: Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ganjar Pranowo Diserang Pemain Timnas: Mimpi Anak Bangsa Ini Sia-sia Pak!

Pun dalam lima laga terakhir Bali United dengan Nadeo sebagai kiper, gawang mereka terbobol sebanyak delapan kali.

Karena itu, tiga kiper ini dirasa lebih layak mendapatkan tempat di Timnas Indonesia ketimbang Nadeo. Meski tak masuk dalam skuad Timnas Indonesia teranyar, ketiga nama ini rasanya layak untuk mendapat tempat di masa depan. 

1. Reza Arya Pratama

Performanya bersama PSM Makassar di musim ini terbilang ciamik, tak tergantikan dalam 30 laga di Liga 1 2022-2023.

Dari 30 laga yang dijalani Reza, gawangnya baru terbobol 22 kali dan merupakan kiper dengan jumlah cleansheet terbanyak, 13 kali.

Baca Juga: FIX Indonesia Dicoret dari Piala Dunia U-20, Timnas Israel Tetap Melaju

Reza pun menempati posisi kelima daftar kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak di Liga 1 musim ini dengan 77 penyelamatan.

2. Teja Paku Alam

Di bawah komando Luis Milla, Teja Paku Alam tampil trengginas di bawah mistar Persib Bandung meski baru mencatat 17 pertandingan.

Namun sudah menorehkan 49 penyelamatan dengan rata-rata per pertandingan adalah 2,88, selain itu ia baru kebobolan 15 gol dari 17 laga.

Penampilannya semakin lengkap dengan tujuh kali cleansheet yang ditorehkan hingga membawa Persib bertengger di runner-up klasemen sementara.

3. Andritany Ardhiyasa

Kiper veteran ini dinilai masih layak membela timnas Indonesia di ajang internasional, termasuk FIFA Matchday melawan Burundi nanti.

Total 28 pertandingan bersama Persija Jakarta di musim ini sudah dilalui, dengan catatan 26 kali kebobolan dan 10 kali cleansheet.

Catatan yang lebih baik dari Nadeo tentunya ditambah dengan 83 kali penyelamatan dan menjadi kedua di bawah Deden Natshir dengan rata-rata 2,96 penyelamatan per laga.

[Eko]