Penyair Darmanto Jatman Tutup Usia

Yazir Farouk
Penyair Darmanto Jatman Tutup Usia
Darmanto Jatman [facebook]

Darmanto Jatman meninggal dalam usia 75 tahun.

Suara.com - Budayawan dan penyair asal Semarang Darmanto Jatman meninggal dunia dalam usia 75 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi, Sabtu (13/1/2018). Guru Besar Emeritus Universitas Diponegoro (Undip) itu tutup usia sekitar pukul 17.00 WIB.

"Sebelumnya sudah mengalami stroke," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas Undip, Nuswantoro Dwiwarno seperti dikutip Madiunpos.

Darmanto sudah dirawat di rumah sakit sejak 3 Januari lalu. Kondisi kesehatannya menurun akibat terkena infeksi kandung kemih.

Jenazah Darmanto disemayamkan di rumah duka, Jl. Menoreh Raya No. 75, Semarang dan akan dimakamkan di Permakaman Undip. Hanya saja, waktu pemakaman masih dibicarakan oleh keluarga.

"Ada rencana dimakamkan di Permakaman Undip, tetapi pastinya masih menunggu kepastian dari keluarga. Sebab, anaknya yang berada di Australia baru sampai di Indonesia besok [Minggu, 14 Januari 2018) sore pukul 16.00 WIB," ujar Nuswantoro.

Darmanto Jatman merupakan sosok yang dikenal kiprahnya dalam dunia sastra dan seni. Dia juga tercatat sebagai perintis dan pendiri Jurusan Psikologi Undip. Pada usia 65 tahun, dia dikukuhkan sebagai guru besar.

Dalam dunia seni, Darmanto pernah mendirikan Teater Kristen Yogya dan Studiklub Sastra Kristen Yogya. Kumpulan sajaknya juga diterbitkan, seperti Sajak-Sajak Putih (1965) bersama Jajak M.D. dan Dharmadi Sosropuro, Sajak Ungu (1966) bersama A. Makmur Makka, dan pernah menyutradarai beberapa pementasan teater.

Darmanto juga kerap diundang untuk membacakan puisinya di forum-forum internasional, seperti Festival Puisi Adelaide di Austria (1980), International Poetry Reading di Rotterdam, Belanda (1983) yang kemudian dibukukan. Tercatat, banyak sekali karya sastra Darmanto, seperti Sajak-Sajak Manifes (1968), Bangsat (1975), Ki Blaka Suta Bla Bla (1980), Karto Iyo Bilang Boten (1981), Sang Damanto (1982), dan Golf untuk Rakyat (1995).

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS